Sekcam Lemahabang Penuhi Panggilan Inspektorat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekcam Lemahabang Penuhi Panggilan Inspektorat

Sekcam Lemahabang Penuhi Panggilan Inspektorat

Written By Mang Raka on Rabu, 19 Juli 2017 | 14.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Muspika Kecamatan dan sebelas aparatur desa dari sebelas desa di Kecamatan Lemahabang dipanggil Inspektorat Karawang. Pemanggilan itu merupakan hal rutin dilakukan inspektorat untuk memenuhi kelengkapan hasil temuan usai melakukan pemeriksaan.

Sekretaris Camat (Sekcam) Lemahabang H Hasan Nurdin mengatakan surat panggilan dari inspektorat itu datang sejak tanggal 4 Juli, melalui surat pemanggilan Nomor : 700/549/Inspektorat. Surat itu biasa datang dalam setiap kali hasil temuan masih belum dilengkapi, bahkan sampai 3 kali lebih. Karenanya, baik Kecamatan maupun desa yang belum memenuhinya diminta agar segera menyempurnakan, biasanya di bagian pajak, administrasi dan lainnya, sehingga lebih cepat disempurnakan lebih baik. "Biasa surat panggilan pemenuhan yang kurang dalam pemeriksaan reguler tahun 2016 kemarin," ujarnya, kemarin.
Hasan menambahkan, Tindaklanjut hasil Pemeriksaan untuk Pemerintah Kecamatan sendiri diakui Sekcam, beberapa masih belum dipenuhi, seperti Adminsitrasi, Invertaris Barang, Data Distribusi Penyaluran Raskin dan lainnya. Untuk itu, semoga bisa lebih ditindaklanjuti maksimal. Karena jika tidak, pemanggilan dari inspektorat ini bisa lebih dari 3 kali kalau memang belum juga dilengkapi. Ini sebagai wujud pembinaan dari Inspektorat selain pemeriksaan yang biasa digelar pada bulan Februari setiap tahunnya ini.
Namun, Heran Nurdin, meskipun daftaran persentase temuan Laporan Hasil Pemriksaan (LHP) ini sudah diketahui persentasenya oleh masing-masing desa, kadang-kadang masih ada yang belum 100 persen hingga akhir tahun, untuk itu, ia sarankan agar tidak perlu menunggu akhir tahun, sebab, meskipun tidak ada sanksi, tapi temuan adalah hutang yang harus dipertanggungjawabkan desa, karena jika ada kejanggalan dan keuangan yang tak sesuai, Inspektorat berhak merekomendasikan kepada Bupati untuk menjatuhkan sanksi administrasi maupun bantuan yang masuk ditahun-tahun berikutnya." Temuan adalah hutang yang harus di pertanggungjawabkan dan harus diselesaikan," Ujarnya.
Lebih Jauh Nurdin menambahkan, dalam surat panggilan pihak Kecamatan dan Kepala Desa diminta menghadap pada Pukul 09.00 pagi di inspektorat. Karenanya, sebelum pmanggilan, pihaknya arahkan agar para Kades dan pegawainya persiapkan berkas dan dokumen yang diperlukan, seperti bukti-bukti pajak, aset, administrasi setiap perangkatnya untuk diberikan kepada Inspektorat. Sehingga, jika semuanya sudah diberesi klengkapannya, tinggal mempersiapkan diri kerapihan dan ketertiban administrasi pada pemeriksaan reguler ditahun-tahun mendatang. "Sebelum pemanggilan ya di persiapkan segala sesuatunya yang diperlukan, jangan sampai saat pemeriksaan berikutnya masih ada hutang temuan," harapnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template