Rekam KTP Bisa Langsung ke Kecamatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rekam KTP Bisa Langsung ke Kecamatan

Rekam KTP Bisa Langsung ke Kecamatan

Written By Mang Raka on Jumat, 07 Juli 2017 | 14.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Mempermudah syarat untuk perekaman E-KTP ternyata belum efektif untuk menggugah kesadaran masyarakat membuat KTP. Hal itu karena selain pola pikir masyarakat yang membuatnya saat hanya ada kebutuhan mendesak, juga banyak diantara pemula yang lebih dari usia 17 tahun masih belum melakukan perekaman KTP berbasis elektronik tersebut.

Kasie Kependudukan Kecamatatan Cilamaya Wetan, Ibrahim mengatakan, sejauh ini diakuinya masih banyak warga dan masyarakat khususnya pemula yang belum di rekam e ktp, jangankan melbihi usia 17 tahun, usia 20 - 30 tahun keatas saja masih ada beberapa yang belum direkam kartu identitas tersebut. Kecuali sebut Ibrahim, saat ada kebutuhan mendesak, masyarakat baru tersadarkan pentingnya dokumen-dokumen kependudukan seperti KTP dan KK.
Padahal, untuk sebatas merekam saja, syaratnya semakin dipermudah, seperti tanpa pengantar dari RT maupun Kades, karena, pembuatan e KTP baik pemula maupun yang di perpanjang Cukup mengisi daftaran F 106. "Pembuat KTP diatas 17 tahun masih saja ada yang belum direkam, kecuali yang mendesak kebutuhan. Artinya kesadaran sendiri itu kurang," ujar Ibrahim, Kamis (6/7).
Ibrahim menambahkan,  tanpa pengantar RT dan Kades, perekaman bisa dilayani di Kecamatan, asalkan KK masih berlaku dan sesuai dengan dokumen yang dimiliki seperti Ijasah dan lainnya, karena kadang-kadang ada data di KK baik nama atau tanggal lahir berbeda dengan yang di Ijasah. Jika demikian, maka harus diperbaharui dulu KK dan menyesuaikan dengan Ijasahnya.
Sebab, salah satu huruf saja, data kependudukan ini sangat sensitif, apalagi menjadi prasyarat keperluan tertentu. Karenanya, dulu seolah e KTP dan KK ini dianggap tidak butuh, sekarang ini banyak dibutuhkan karena menjadi tolak ukur data kependudukan resmi baik saat Sakit, Asuransi kematian, syarat ke Bank, Umroh/haji hingga masuk sekolah sekalipun. "Kita layani walau tanpa pengantar, karena cukup lampirkan KK dan menyesuaikan dengan dokumen lainnya," ujarnya.
Lebih jauh Ibrahim menambahkan, masyarakat jangan merisihkan ketiadaan blanko yang dicetak meskipun buru-buru di rekam, karena Disdukcatpil juga memberikan Surat Keterangan (Suket) sementara untuk menerangkan bahwa e KTP masih dalam proses, sebab, urusan blanko itu menjadi domain pemerintah pusat. Tapi, memiiki Suket sementara pun diakui keabsahannyan baik menjadi prasayarat tertentu maupun kebutuhan lainnya. Untuk itu, dengan maupun tanpa fisik e KTP sekalipun, jika sudah melakukan perekeman, data masyarakat itu sudah tercatat secara nasional. "Sabtu kita juga siap layani, apalagi yang membutuhkan dengan segera, kecuali Minggu. Untuk itu, jangan risih gak ada blangko, sudah direkam mah datanya sudah masuk ke pusat," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template