Ratusan Kilogram Ayam Busuk Siap Edar di Dengklok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Ratusan Kilogram Ayam Busuk Siap Edar di Dengklok

Ratusan Kilogram Ayam Busuk Siap Edar di Dengklok

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Juli 2017 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Nyaris saja warga Kabupaten Karawang menyantap olahan daging ayam beracun. Pasalnya, Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang menemukan ratusan kilogram ayam tidak layak dikonsumsi di gudang penyimpanan daging ayam, Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok, Rabu (26/7) kemarin.
Sedikitnya, ratusan kilogram ayam bermasalah tersebut langsung disita petugas, agar tidak diperjualbelikan kepada masyarakat Karawang. Awalnya, pihak pengelola gudang berusaha untuk mencegah kehadiran tim Satgas Pangan, yang terdiri dari petugas Polres dan dinas terkait, saat akan memeriksa isi gudang tersebut.  Namun, setelah petugas tetap memeriksa seluruh penyimpanan daging ayam yang ada di dalam lemari pendingin, sang pemilik akhirnya tak bisa berkelit lagi. Pasalnya, saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan potongan daging ayam yang sudah busuk meskipun sudah diformalin. Ayam tidak layak konsumsi tersebut diketahui berasal dari Surabaya, dan akan didistribusikan kepada pedagang ayam di Karawang.
Kabid Satgas Ketahanan Pangan Terpadu Karawang Iip Gipari mengatakan, dengan temuan ini, pihaknya akan menyempel enam tempat penyimpangan daging ayam. Didapat satu yang mengandung banyak formalin, kadarnya cukup tinggi 0,80 miligram per liter. “Kadar segitu sudah tidak normal, karena untuk ambang batas hanya 0,10 miligram per liter pada umumnya. Daging ayam ini kami rasa sudah tidak layak untuk ada di gudang, karena sudah membusuk. Temuan ini kami menyerahkan ke pihak kepolisian,” ungkapnya.
Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mappaseng mengatakan, dengan temuan daging ayam diduga busuk dan mengandung formalin masih dalam lidik. Untuk barang bukti sudah diamankan dan akan dilakukan uji laboratorium. “Untuk temuan daging ayam yang diduga busuk, dan mengandung formalin masih dalam pendalaman,” jelasnya.
Sementara itu, Anita, petugas Dinas Peternakan Karawang menuturkan, pihaknya melihat kondisi lokasi sangat buruk dan keadaan lingkungannya juga kotor. Banyak berceceran cairan darah dan kantong penyimpanan daging yang terbuka. “Kondisi lingkungan sudah tidak layak dan tak sehat, karena sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap,” pungkasnya.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template