Puskesmas Sosialisasi Tidak BAB di Irigasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Sosialisasi Tidak BAB di Irigasi

Puskesmas Sosialisasi Tidak BAB di Irigasi

Written By Mang Raka on Senin, 24 Juli 2017 | 13.00.00

*Sadar Bersih Warga Ciparagejaya Rendah

TEMPURAN, RAKA - Puluhan jamban di bantaran irigasi termasuk yang berada di perahu bukti masih rendahnya kesadaran masyarakat Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran terhadap kebersihan lingkungan. Terpicu itu, bagian kesehatan keliling (pusling) UPTD Puskesmas Tempuran melakukan sosialisasi kebersihan di wilayah tersebut.

"Saat ini ada lebih 30 unit jamban di bantaran irigasi belum termasuk yang di perahu. Atas dasar itu, Pihak Kesehatan Lingkungan (Kesling) UPTD Puskesmas Kecamatan Tempuran, sisir warga untuk sosialisasikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) guna menciptakan lingkungan yang sehat," terang petugas Kesling UPTD Puskesmas Tempuran, Amirin Bukhori, akhir pekan (22/7) kemarin.
Amirin mengatakan, Sosialisasi STBM ini menyasar pada masyarakat yang masih Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Kebetulan di Ciparagejaya ini kasus tersebut tertinggi di Kecamatan Tempuran, sebab ada lebih 30 jamban yang biasa disebut masyarakat setempat dengan sebutan helikopter belum termasuk di perahu terdata di desa ini. Karenanya, sebelum terjun langsung ke masyarakat dalam gelaran pemicuan SBTM, pihaknya bersama Pemerintahan Desa dan RT hingga linmasnya mensosialisasikan terlebih dahulu materi SBTM.
Sosialisasi pendahuluan itu perlu dilakukan agar materi yang disampaikan bisa difahami dan sama-sama memberdayakan masyarakat yang bersih lingkungannya. , sebab, jika terus dibiasakan, ancaman penyakit bukan mustahil melanda masyarakat sekitar dari BAB sembarangan ini seperti Diare. "Kebetulan Ciparage ini tertinggi, makannya, kita sosialisasikan dulu SBTM ini, nanti senin kita gelar pemicuannya dilapangan," ujarnya.
Diakui Amirin, sebagian masyarakat sejauh ini masih kurang sadar tentang kesehatan dan dampak yang bisa ditimbulkannya, karenanya, sosialisasi ini penting agar kiranya masyarakat bisa beralih ke sanitasi yang lebih bersih dan sehat. "Masyarakat masih ada beberapa yang kurang sadari kesehatan, semoga saja setelah sosialisasi ini tergerak meningkatkan kesehatan lingkungannya," tutupnya.
Kaur Ekbang Ciparagejaya, Buby mengatakan, atas sosialisasi SBTM dari Pihak Puskesmas sangat diapreaisiai pemerintah desa, sebab, sebagai bagian dari upaya kesadaran kesehatan masyarakat, dalam SBTM ini juga sekaligus memotivasi masyarakat untuk sadar akan kesehatan lingkungan. Diharapkan, semoga hasil sosialisasi dan pemicuan lapangan nanti bisa diserap pemahamannya oleh masyarakat akan pentingnya lingkungan, " Kita apresiasi, semoga sosialisasi ini semakin menyadarkan kita akan kesehatan lingkungan," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template