Pengelolaan Sampah di Karawang Buruk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengelolaan Sampah di Karawang Buruk

Pengelolaan Sampah di Karawang Buruk

Written By Mang Raka on Jumat, 07 Juli 2017 | 14.00.00

KLARI, RAKA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) didesak agar melakukan langkah-langkah strategis untuk melakukan penanggulangan sampah di Karawang. Pasalnya kondisi sampah di karawang sudah sulit dikendalikan. Hampir disetiap titik rawan pembuangan sampah berserakan dimana-mana dan tidak terkelola secara optimal.

Ketua Komisi C DPRD Karawang, Elievia Khrissiana menandaskan itu, Kamis (6/7). Dia mendesak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan untuk membersihkan Karawang dari sampah. "Memang permasalahan sampah selalu dikeluhkan oleh warga. Dinas kebersihan harus segera membuat formula penanganannya," kata Elievia mengingatkan dinas yang bertanggung jawab soal sampah ini.
Dia juga menyampaikan penanganan masalah sampah harus terintegrasi, mulai dari sampah rumah rangga, sampai sampah kawasan. Bahkan pemerintahan yang level bawah harus bisa mengoptimalkan warganya dengan baik terkait sampah. Hal itu perlu dilakukan, menurut Elievia untuk membentuk budaya bersih dilingkungan masyarakat. "Hal ini penting agar warga tidak sembarangan membuang sampah," ujarnya.
Dikatakan, untuk pemerintah sendiri harus ada program terintegrasi mulai dari hulu kehilir. Disetiap gang perumahan harus ada tempat pembuangan sampah sementara (TPSS), kemudian dilanjutkan oleh armada yang mengangkut ke tempat pembuangan sampah akhir (TPSA). "Bahkan seharusnya ada program daur ulang sampah. Sehingga sampah non ekonomis bisa menjadi ekonomis," ucapnya.
Oleh karenanya itu semua tidak akan bisa dilakukan jika tidak adanya kesadaran dari semua komponen masyarakat. Terlebih saat ini anggaran yang masuk kepemerintahan desa juga cukup besar, sehingga harus benar-benar terkonsep dengan baik. "Perencanaan pembangunannya yang harus matang," tambahnya seraya menambahkan meski untuk itu membutuhkan kerja keras aparatur terkait.
Selain itu, agar karawang bisa menjadi kabupaten yang dikenal oleh warga luar, selain harus bebas dari sampah-sampah liar. Pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) atau pertamanan juga harus ditata dengan baik. "PJU-PJU juga harus terpasang rapih disetiap sudut pedesaan. Jadi bukan hanya diperkotaan. Itu juga keluhan yang sering saya terima dari masyarakat," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template