Pemuda Jangan Gengsi Jadi Petani - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemuda Jangan Gengsi Jadi Petani

Pemuda Jangan Gengsi Jadi Petani

Written By Mang Raka on Rabu, 12 Juli 2017 | 15.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Bagi sebagian generasi muda seperti saat ini, menjadi petani bukanlah pilihan pekerjaan yang membanggakan. Namun tidak demikian bagi anak-anak muda yang tergabung dalam Himpunan Pemuda Tani (HIDATA) Purwakarta.
Adalah, Uus Ruhendi, pemuda kelahiran 11 Desember 1994 asal Desa Nangerang, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta ini, salah satu pemuda tani tersebut. Dia berani menjadi salah satu pelopor dalam pembinaan generasi muda dalam bidang pertanian. Uus bersama rekan-rekannya di HIDATA tidak sungkan mengajak generasi muda untuk terjun menjadi petani. HIDATA merupakan wadah bagi pemuda untuk menumbuhkan minat bertani, mengajarkan teknik bertani yang baik dan benar, mengelola pertanian, pemasaran hasil pertanian dan permodalan yang ramah bagi petani. "Sejak tahun 2014, saya mengajak anak-anak muda untuk bertani. Saya bersama teman-teman HIDATA melakukan pendekatan, menanamkan mindset bahwa menjadi petani muda itu keren dan mampu mensejahterakan diri sendiri maupun keluarga," papar pemuda lajang lulusan SMK PPN 1 Lembang angkatan 2012 itu.
Menurutnya, tidak mudah merubah mindset anak muda agar mau menjadi petani. Pihaknya berupaya dengan berbagai penyuluhan ke sekolah-sekolah, pesantren, karang taruna dan masyarakat sekitar. "Dan mindset mulai berubah, kami pun mesti melanjutkan dengan pembinaan dengan mengajarkan sistem manajemen atau tata kelola pertanian yang baik dan benar, termasuk strategi pemasaran dan pencarian modal usaha," tuturnya.
Uus bersama rekan-rekannya saat ini telah mampu menghasilkan keuntungan dari budidaya cabai Rp 220 juta per 7 bulan dengan memanfaatkan lahan 1 hektare. Untuk diketahui, atas dedikasinya menumbuhkan semangat bertani bagi generasi muda, Uus Ruhendi dinobatkan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta, menjadi salah satu pemuda pelopor tingkat Kabupaten Purwakarta di bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan dan berhak bersama tiga pemuda lainnya untuk mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Barat.
Kepala Disporaparbud melalui Kabid Kepemudaan, Ahmad Arif Imamulhaq menyampaikan, bahwa ketekunan Uus dan pemuda lainnya patut dicontoh. "Perlu keberanian di samping keterampilan dan keahlian personal untuk menjadi pelopor. Dan, Uus bersama rekan-rekannya telah membuktikannya, menjadi petani muda itu keren," ujarnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template