Panen di Pinayungan 1 Ha 8 Ton - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panen di Pinayungan 1 Ha 8 Ton

Panen di Pinayungan 1 Ha 8 Ton

Written By Mang Raka on Kamis, 13 Juli 2017 | 15.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Petani Kampung Citepu, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe puas dengan hasil panen tahun ini. Mereka mengaku keberhasilan itu berkat arahan petugas penyuluh lapangan terutama mengenai hama padi yang menyerang sawah mereka. Sekitar 10 petani yang menggarap lahan luas tanam areal sawah sekitar 20 hektar setidaknya mengatakan itu, Rabu (12/7). Panen tahun lalu petani mengaku merupakan panen terburuk yang pernah dialami.

Kegagalan tahun lalu membuat Dinas Pertanian setempat tidak mau hal itu terulang sehingga mengoptimalkan kinerja petugasnya. Tak jarang tiap hari para petugas pertanian turun ke sawah. Hingga pada akhirnya panen pun membuahkan hasil yang maksimal. Persoalan hama memang pada tahun sebelumnya menjadi trend kegagalan panen. Hama di dominasi oleh Blast, wereng, dan Keong kuning. Lalu pengaturan jarak usia dan masa tanam pun membuat kendala tersendiri yang hingga kini belum membuah kan hasil yang baik.
Rifa (35) pemilik sawah mengakui jika panen kali ini membawa berkah. Sekitar 80 Persen sawahnya bisa di panen dengan hasil yang baik. Meskipun tahun kemarin mengalami kerugian yang cukup besar bahkan nyaris tidak bisa dinikmati. "Saya senang panen kali ini. Mungkin panen sekarang cukup membawa berkah dengan kerugian yang di timbulkan panen kemarin. Sekitar 1 hekter sawah milik saya hampir mendapatkan 8 ton. Padahal panen tahun kemaren, semua nya hanya mendapat 2 Kwintal saja," terangnya.
Hasanuddin (30) petugas lapangan dari dinas Pertanian menjelaskan program sosialisasi perihal antisipasi padi terhadap hama secara terus menerus diregulasikan kepada para petani. Hampir setiap momen ketika dirinya lakukan sosialisasi bukan saja secara Formal namun pada saat informal pun terus di jalankan. Upaya penanggulangan hama dan cara mensiasati kontur tanah yang sering menjadi polemik terus di gulirkan agar petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
"Terbukti panen kali ini cukup efektif, sehingga upaya petani meningkatkan hasil panennya cukup jauh lebih baik. Bahkan kini petani bisa bernafas lega karena upaya penangulangan hama pun dapat terdeteksi dengan baik sejak dini, dan hasilnya cukup membanggakan bukan saja bagi para petani namun untuk kami juga. Harapan kami PPL di semua wilayah Kabupaten Karawang pesan saya agar bisa terus dievaluasi perkembangan dan sosialisasi secara aktual bukan hanya di dalam kertas saja," terangnya.
Di tempat berbeda, Yanuar (40) tokoh masyarakat Desa Pinayungan mengakui upaya pemerintah dalam memberikan penanganan dan pencegahan mestinya cukup efektif. Dirinya pun menegaskan pola penanganan pemerintah terhadap ketahanan pangan sinergis dengan keinginan petani. Hanya saja dirinya pun berharap  dalam meningkatkan jumlah area tanam yang akan di seriusi oleh pemerintah perihal pertanian jangan isapan jempol belaka. "Perluasan jumlah tanam padi sebagai salah satu program serius Pemerintah Pusat jangan hanya di jadikan wacana atau isapan jempol belaka tetapi harus direalisasikan," katanya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template