Nagasari Target 19.645 Warga Imunisasi Rubella - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nagasari Target 19.645 Warga Imunisasi Rubella

Nagasari Target 19.645 Warga Imunisasi Rubella

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Juli 2017 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Tidak kurang dari 19.645 warga akan menjadi sasaran imunisasi campak dan rubella di Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat. Jumlah tersebut termasuk siswa PAUD dan Taman Kanak, selain bayi dan balita juga kalangan siswa SD, SMP dan setingkat SMA/SMK.

Hal itu diungkapkan Kordinator UPTD Puskesmas Nagasari Bidan Harnis Indriani, Rabu (26/7). Dari jumlah 19.645 sasaran imunisasi 2579 diantaranya bayi dan balita. Sementara tingkat PAUD atau TK ada 670, Sekolah Dasar kelas 1 sampai 6 ada 7940 anak dan tingkat SMP 6743 serta setingkat SMA 1713 sehingga jika ditotal secara keseluruhan mencapai 19.645 orang.
Masih disampaikan Harnis penyakit rubella atau seringkali disebut sebagai campak Jerman atau campak tiga hari merupakan, infeksi virus akut yang menyebabkan gangguan kesehatan ringan pada anak-anak, namun cenderung lebih berat pada orang dewasa. Penyakit tersebut menular melalui partikel udara, dan masa inkubasinya memakan waktu 2 sampai 3 minggu.
Rubella berbeda dengan campak (rubeola), meskipun kedua penyakit ini cenderung memiliki karakteristik yang sama, seperti ruam merah yang khas. Rubella disebabkan oleh virus yang berbeda dari campak, dan tidak separah campak. "Penyakit campak itu menular dan yang terkena campak di Kelurahan Nagasari dari yang terdata sudah dua orang," terangnya kepada Radar Karawang, saat melakukan sosialisasi dalam kegiatan Lokakarya mini.
Penyakit Rubella sendiri kata Harnis, biasanya merupakan penyakit ringan pada anak akan tetapi bila menular terhadap ibu hamil pada awal kehamilan. Hal itu dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan, kecatatan tersebut dikenal sebagai asindrom rubella kongenital yang meliputi kelainan pada jantung, kerusakan jaringan otak, katarak ketulian dan keterlambatan perkembangan. "Kita berharap berhasil dengan 100% melakukan imunisasi, masyarakat harus sehat semua, bagi yang tidak datang kesekolah atau keposyandu diharapkan datang ke Puskesmas," terangnya.
Lurah Nagasari H Endeng menyampaikan dirinya berharap masyarakat mengikuti semua prosedur yang sudah direncanakan oleh pemerintah terutama dengan maraknya peredaran Virus dan Rubella yang idmana penularannya melalui udara. "Semoga dengan adanya imunisasi warga terhindar dari penyakit, terutama bagi warga yang memiliki anak yang sudah diatas 9 bulan hingga usia 15 tahun agar dilakukan imunisasi pada bulan Agustus mendatang," harap Endeng. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template