Mencari Bibit Atlet Potensial - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mencari Bibit Atlet Potensial

Mencari Bibit Atlet Potensial

Written By Mang Raka on Kamis, 20 Juli 2017 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Permainan tradisional biasa dipermainkan anak-anak tempo dulu memang sudah jarang ditemukan disetiap perkotaan ataupun pedesaan. Meski demikian, permainan egrang, dagongan, hadang, parang dan tarompang panjang, masih diupayakan dilestarikan di wilayah Kabupaten Karawang, agar tidak punah keberadaannya dengan perlombaan invitasi Olahraga tradisional yang diadakan di tingkat Kabupaten Karawang, dengan tujuan melestarikan budaya Indonesia di kalangan pelajar sejak dini.
Iip Saepudin, kordinator permainan egrang, Kecamatan Kotabaru, mengatakan, perlombaan ini menjadi ajang pencarian bibit atlet olahraga tradisional ditingkat Kabupaten Karawang. Dengan adanya perlombaan diberbagai tingkatan tersebut, bukan hanya mampu melestarikan budaya Indonesia, tapi juga mengajak pada anak-anak untuk menggemari permainan ini. "Jelas penting sekali, walaupun sekarang itu permianan seperti egrang, hadang, tarompang panjang sudah jarang dimainkan anak-anak saat ini," terang Iip, merupakan tenaga pengajar di SDN Pucung II, Kecamatan Kotabaru, kepada Radar Karawang, dilokasi pertandingan yang diadakan di depan stadion singaperbangsa Karawang, Rabu (19/7).
Iip menilai, dengan langkah pemerintah daerah  dalam menggelar perlombaan tradisional setiap tahunnya. Hal tersebut, menjadikan permainan tradisional tetap eksis dan masih banyak dikenal para generasi saat ini. Walaupun kemajuan teknologi semakin canggih. "Apalagi sekarang, banyak permainan modern yang canggih. Tapi, itu semua tidak mengurangi keseruan dalam mengikuti perlombaan permainan tradisional ini. Para pelajar ditingkat sekolah dasar, masih berantusias tinggi," paparnya.
Di lokasi yang sama, Sutarman, ketua panitia Kecamatan Jayakerta, menyampaikan, antusias para siswa di kecamatannya, kini tidak hanya membuahkan hasil, tapi dapat menjadi bukti, jika permainan tradisional di wilayahnya tersebut masih dikenal dan dimainkan para generasi muda ditingkatan pelajar. "Alhamdulilah dapet juara 2 tingkat kabupaten di lomba tarompang, walaupun awalnya, target kami juara 1 di lomba ini yang diikuti ditingkat kabupaten," katanya.
Dia menerangkan, jika para peserta yang mengikuti perlombaan olahraga tradisional ditingkat kabupaten tersebut, merupakan para juara 1 ditingkat kecamatan. "Untuk mewakilkan di tingkat kabupaten, ini para siswa dari SDN Kemiri 2 yang sebelumnya juara 1 di tingkat kecamatan untuk perwakilan di tingkat kabupaten. Alhamdulilah siswa pelajar di kecamatan kami, cukup membanggakan," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template