Komplek Makam Bupati 25 Tahun Telantar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Komplek Makam Bupati 25 Tahun Telantar

Komplek Makam Bupati 25 Tahun Telantar

Written By Mang Raka on Selasa, 11 Juli 2017 | 17.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Derasnya arus pembangunan di perkotaan, ternyata tidak sebanding dengan yang disuguhkan Pemerintah Kabupaten Karawang terhadap para leluhurnya.
Pasalnya, komplek makam para mantan Bupati Karawang di Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, dibiarkan tak terurus. Selama lima tahun terakhir mulai rusak dan lapuk.
Tengok saja atap-atapnya yang bocor dan rapuh dilapisi karung terpal, begitupun hampir di setiap ruangan maqom mantan bupati tersebut, langit-langitnya bolong melompong. Belum lagi fasilitas ibadah seperti musala yang terancam ambrol, hingga tolilet kotor tanpa air menjadi pemandangan tak pantas di komplek makam para leluhur Karawang tersebut. "Kalau hujan sering bocor pak, kita cape ngepel keramik. Makanya dipakekan terpal saja di atap-atap bangunan makam," kata salah seorang penjaga yag meminta dirahasiakan namanya.
Menurutnya, bangunan lapuk yang sudah lima tahun nampak kerusakannya. Padahal setiap tahun menjadi lokasi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Pemkab Karawang. Setiap ruangan makam, langit-langitnya sudah banyak ambrol dan bolong seperti di Makam Siti Asiah dan Raden Anom Wirasuta, begitupun di bagian ruangan lainnya. Tiangnya sebut sumber, retak-retak dan mengelupas setelah tanpa perehaban selama 25 tahun terakhir. "Kabarnya ramai terus di medsos, ya memang seharusnya ini dipercepat sebelum muludan harusnya sudah bagus," ungkapnya.
Seorang Kuncen Makam Adipati Singaperbangsa Ustad Ade Cahya membenarkan kondisi komplek makam sejauh ini semakin lapuk, dan sering bocor saat musim penghujan. Dirinya juga tidak menampik banjirnya komentar di media sosial soal komplek makam yang dilapisi terpal bagian atapnya. Dirinya enggan jauh mengomentari. "Iya begitulah kondisinya. Kita serahkan kepada pemkab kapan realisasinya. Semoga dengan banyak keluhan bisa tanggap dan cepat atasi persoalan infrastruktur di komplek makam ini," tuturnya.
Kades Manggungjaya Dedi Embun mengatakan, kondisi komplek makam diakuinya memang semakin lapuk dan dibiarkan terlalu lama. Tapi kabarnya akan dipugar tahun ini. Bahkan pihak rekanannya juga sudah cek lokasi di komplek makam. "Katanya tahun ini, karena pemborongnya juga konon sudah ada. Gak tahu kapan realisasinya. Memang itu butuh cepat," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template