Kinerja PNS di Daerah Perlu Ditingkatkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kinerja PNS di Daerah Perlu Ditingkatkan

Kinerja PNS di Daerah Perlu Ditingkatkan

Written By Mang Raka on Sabtu, 15 Juli 2017 | 12.30.00

PURWASARI, RAKA - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) didesak untuk meningkatkan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya kedisiplinan para PNS di daerah dinilai buruk, terutama UPTD-UPTD yang berkantor di wilayah Kecamatan.

"Ini tantangan bagi kepala BKPSDM yang baru menjabat," kata Ketua LSM Garda RI, Denis FW, kepada Radar Karawang, Jumat (14/7). Denis ingin mengatakan meningkatkan kedisiplinan PNS terutama di daerah merupakan tantangan bagi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia saat ini.
Seperti sering diberitakan yang sering disoroti adalah kinerja PNS yang ada di UPTD Pertanian. Pasalnya kehadiran para PNS tersebut tidak ada pengawasan sehingga bekerja seenaknya. Dia menyampaikan kehadiran yang menggunakan finggerprint juga sangat rawan dimanipulasi. Atau bahkan bisa saja tidak hadirnya sekian hari tetapi karena diatur sedemikian rupa, dalam data finger print itu yang bersangkutan hadir terus. "Harus cek kelapangan. Jangan sampai tidak hadir tapi dalam absen hadir," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, saat ini dirinya sudah mendapatkan data terkait adanya PNS yang nakal dengan melakukan kecurangan terhadap kehadiran yang menggunakan finger print. Bahkan ada PNS yang memanipulasi data dengan sidik jadi orang lain. Sehingga meski dia tidak hadir tetap saja bsa hadir karena yang sidikjadinya di scan, sidikjari orang lain yang bisa hadir tiap hari dikantor. "Ini satu kasus yang kami temukan. Saya curiga ini bakal seperti gunung es. Artinya bisa lebih banyak PNS yang melakukan kecurangan diluar sana," ucapnnya.
Dengan kepemimpinan baru BKPSDM harus memiliki keberanian untuk membongkar kebobrokan kinerja para PNS. Karena leha-lehanya PNS dalam bekerja memberikan dampak buruk terhadap kinerja pemerintahan. "Yang jadi korban adalah masyarakat. Harus diingat, mereka itu dapat gaji dari rakyat," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, kinerja PNS sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan buruh pabrik. Dimana buruh pabrik tidak ada semenitpun yang sia-sia, karena kinerja berbasis produksi. Berbeda dengan para PNS, dimana kinerjanya terkadang tidak teratur, bahkan seenaknya keluar masuk. "Jadi kebanyakan menganggurnya sebenarnya daripada kerjanya. Merkea banyak makan gaji buta," ujarnya.
Sementara Asep Aang Rahmatullah, Kepala BKPSDM yang baru saja dilantik oleh Bupati Karawang pada Kamis (13/7) kemarin, menyampaikan, jabatan barunya itu diharapkan menjadikan keberkahan bukan menjadi musibah. (zie)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. PNS,..oh PNS,..(malas semuanya)pelayan masyarakat,..tpi minta di "layani',..(jago nya pungli)...

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template