Kepala Dinas Ditagih Hijaukan Jalan Arteri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kepala Dinas Ditagih Hijaukan Jalan Arteri

Kepala Dinas Ditagih Hijaukan Jalan Arteri

Written By Mang Raka on Senin, 31 Juli 2017 | 15.30.00

PURWASARI, RAKA - Penghijauan yang dilakukan Pemerintah Daerah Karawang dengan menggandeng perusahaan-perusahaan di wilayahnya dinilai gagal. Hal itu lantaran kerjasama untuk menghijaukan jalur arteri karawang dinilai masih banyak kekurangan.

"Masih jauh dari sempurna. Itu pot-potnya sudah pada pecah, pohon-pohonnya mati. Tapi sampai sekarang belum ada tindakan dari dinas terkait," kata Ketua Paguyuban Hijaukan Karawang Dadang Arifudin, kepada Radar Karawang, Minggu (30/7). Dia menyampaikan padahal sebelumnya pernah disampaikan di media massa terkait persoalan tersebut. Bahkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Ramon W, juga memberikan tanggapan pihaknya akan segera menindaklanjuti terkait hal tersebut.
Tetapi sampai saat ini belum juga ada tindakan konkrit apakah dilakukan perbaikan, seperti dilakukan penggantian pot dan pohonnya atau seperti apa. Karena janji dari Kepala Dinas PRKP itu sudah lebih dari dua bulan lalu. "Waktu ngomong akan ada perbaikan sampai sekarang sudah lebih dari dua bulan. Kok belum ada tindakan apa-apa," katanya.
Dia menyampaikan, sebenarnya langkah yang dilakukan oleh pemda karawang dengan menggandeng perusahaan-perusahaan untuk melakukan penghijauan itu sudah sangat baik. Hanya saja pasca dilakukan penghijauan, seolah kerjasama itu lepas begitu saja. "Meski banyak pot dan pohon yang rusak dan mati tetapi itu tidak segera diperbaiki," katanya.
Padahal, tambah Dadang, pemda tidak usah menjaga image (jaim), kalau tidak bisa merawat karena ada hambatan kaitan dengan anggaran. Sampaikan saja kepada perusahaan-perusahaan yang sudah bekerjasama itu. "Karena anggaran CSR dari perusahaankan memang harus dikeluarkan tiap tahun," ujarnya.
Daripada menunggu anggaran dari pemda yang harus mengikuti prosedur yang panjang. Sehingga meski pohon-pohon sudah mati dan pot-potnya sudah rusak, pemda bisa segera melakukan langkah perbaikan. "Ngomongnyakan sudah dianggarkan. Untuk tahun ini, soal penghijauan jalan tidak menggunakan anggaran CSR tapi dari APBD," ujarnya.
Dia juga menyampertanyakan, berapa besar anggaran pemda khusus untuk mempercantik kota pangkal perjuangan. Terutama berkaitan dengan pertamanan, penghijauan, ruang terbuka hijau (RTH) dan lain sebagainya. "Terus dalam penentuan anggaran, harus berdasarkan kajian. Sehingga anggarannya tepat guna dan tepat sasaran," pintanya.
Sementara data yang dihumpun Radar Karawang, Pemda Karawang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10, 9 Miliar untuk memperindah dan mempercantik karawang. Anggaran tersebut dialokasikan melalui dinas teknis yaitu Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP). Adapun data detail mengenail titik pembangunan yang akan dilakukan masih belum diketahui, karena meski Radar Karawang sudah menghubungi Kepala Dinas PRKP, Ramon W, masih belum memberikan keterangan. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template