- Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:

Written By Mang Raka on Jumat, 21 Juli 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Jika bidang kepramukaan mampu menjadi sebuah wahana penyesuaian diri dalam mengenali lingkungan baru di sekolahnya. Maka wajar, jika kegiatan pramuka di lingkungan sekolah saat ini, telah menjelma sebagai ajang kegiatan unggulan yang selalu dinantikan dan ditunggu-tunggu para pelajar, dalam menjalani rutinitas awal belajar di sekolah. Seperti halnya, ratusan siswa baru SMAN 5 Karawang, misalnya, sebagai salah satu bentuk pembelajaran positif dalam menumbuhkan nilai-nilai kedisiplinan dan kebersamaan antar pelajar baru, keseruan yang berbuah kesan manis di lingkungan sekolah tersebut mampu dinamis dan mengasyikan.
Tabroni, siswa baru SMAN 5 Karawang, saat mengikuti kegiatan pramuka yang diwajibkan di sekolah barunya, menuturkan, sebagai bentuk realisasi program pemerintah saat ini, belajar pramuka sangat menyenangkan. Selain itu juga, bisa menjadi wahana pendekatan emosional antar siswa baru di sekolah ini terjalin dengan baik. "Dengan adanya kegiatan pramuka di sekolah baru ku ini, usai MPLS selama 3 hari. Kegiatan pramuka bisa menjadi solusi mengenal lebih dalam lagi dengan teman baru di sekolah ini di gugus yang sama," terangnya, siswa asal SMPN 5 Karawang Barat, kepada Radar Karawang, di lingkungan sekolah, Kamis (20/7).
Bahkan, lanjut Tabroni, berbagai kegiatan yang dikemas di kepramukaan tersebut, tidak hanya mampu mencairkan suasana saat berada di kelas baru dengan suasana teman baru. Ternyata, ini dapat menjadi momentum besar perkenalan satu sama lain terjalin. "Sekarang sudah kenal semuanya, kenal teman satu kelas di gugus 4 tempat saya, kegiatan pramuka itu seru dan bisa menjadi motivasi diri untuk semangat sekolah. Apalagi, banyak juga game yang lebih dominan terhadap menjaga kebersamaan antar sesama teman dikelas," ujarnya.
Hal senada disampaikan, Ilham Nugroho, siswa baru,berasal dari SMPN 6 Karawang. Meski belum kebersamaan dengan teman baru dilingkungan sekolah ini. Akan tetapi, kenyamanan dan solidaritas antar sesama teman di gugus yang sama, nampak ditunjukan dengan maksimal. "Walaupun baru kenal beberapa hari, tapi kami sudah merasa kenal sudah lama sekali. Mungkin ini manfaat kegiatan pramuka, kebersamaan dengan teman baru jadi lebih terasa sekali," katanya.
Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan lanjutan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 5 Karawang di bidang kepramukaan. Mampu menjadikan para siswa baru dapat ditumbuhkan kedisiplinannya sebagai pelajar berkualitas. Namun, bisa menjadi sebagai ajang adaptasi di lingkungan sekolah yang baru. "Banyak pengalaman baru yang bisa diambil untuk bekal dimasa yang akan datang, pokoknya kegiatan pramuka sangat seru banget," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template