Kali Sasak Gombreng Beracun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kali Sasak Gombreng Beracun

Kali Sasak Gombreng Beracun

Written By Mang Raka on Senin, 24 Juli 2017 | 16.00.00

-Petani Wancimekar Meradang

KOTABARU, RAKA - Kali Sasak Gombreng yang ada di perbatasan Desa Wancimekar dan Desa Pucung berwarna hitam, selain dipicu oleh penumpukan sampah rumah tangga, juga diduga akibat pembuangan air pabrik kulit.
Anya (65), warga Dusun Karajan RT 02 RW 05, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, merasakan dampak dari pembuangan itu. Palawija jenis terong yang ditanamnya mati. Pasalnya, air untuk menyiram tanamannya diambil dari air irigasi yang sudah terkontaminasi oleh zat kimia tersebut. "Sebenarnya saya ingin permasalahan itu bisa diatasi oleh pemerintah desa. Saya mah cuma petani, mana bisa mengatasi itu," ujarnya kepada Radar Karawang.
Sama halnya dengan Rahman (56), warga Dusun Karajan RT 01 RW 02, tanaman yang ditanam itu tidak bisa tumbuh dengan baik. Dirinya ingin aliran irigasi itu diperluas. "Semoga saja diperbaiki oleh pemerintah," katanya.
Melihat penderitaan petani itu, warga Dusun Rahmat Kartolo, Desa Pucung, Darga (64) ikut bicara. Dia menginginkan irigasi yang ada di perbatasan desa Wancimekar dan Pucung itu diperlebar. "Minimal tiga meter. Karena ketika musim hujan, banjir," tuturnya.
Ketua RW 08 Desa Wancimekar Mardina berharap kepada pemerintah desa untuk menangani pembuangan air bekas pencucian kulit, dan pembuang sampah yang tidak bertanggung jawab. Karena kalau dibiarkan begitu saja akan berdampak pada kesehatan warga. "Coba diadakan pengawasan, agar pelaku sampah bisa tertangkap dan lakukan kerja sama antara Pemerintah Desa Wancimekar dengan Pemerintah Desa Pucung," pungkasnya. (cr1)




Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template