Jokowi Mau Tanam Jagung di Ciampel - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jokowi Mau Tanam Jagung di Ciampel

Jokowi Mau Tanam Jagung di Ciampel

Written By Mang Raka on Rabu, 19 Juli 2017 | 13.00.00

CIAMPEL, RAKA - Program pengembangan tanaman jagung akan dilakukan di Karawang. Program ini sengaja digelindingkan pemerintah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Selama ini kehidupan petani belum sejahtera. Padahal petani merupakan ujung tombak ketahanan pangan nasional.

Menurut Camat Ciampel Agus Sugiono, untuk menyukseskan program tersebut, pemerintah daerah kabupaten khususnya Kecamatan Ciampel sudah mulai mengambil langkah-langkah. Diantaranya melakukan rapat koordinasi lintas sektoral dan melakukan pendataan para petani yang akan menyukseskan program yang digagas Presiden Jokowi tersebut.
Sementara Kecamatan Ciampel terpilih sebagai lokasi pengembangan program. "Di Ciampel lahan yang akan ditanami jagung seluas 2945 hektare dan akan digarap oleh 1500 petani. Program ini akan dilaunchingkan pada 25 Juli 2017," ujar Agus kepada Radar Karawang seusai rapat minggon Kecamatan di Desa Kutanegara, Selasa (18/7).
Dia menyampaikan, pendataan saat ini terus dilakukan, sementara 50 persen dari petani yang akan menjalankan program tersebut sudah menyatakan kesiapannya. Bahkan sudah ikut rapat dengan Muspida beberapa hari kemarin. "Satu KK satu nama. Nanti masing-masing akan diberilahan 2 hektare untuk menanam jagung ditanah Perhutani," katanya.
Dia menyampaikan, selain petani diberilahan dua hektare untuk menanam jagung, mereka juga direncanakan akan diberi honor atau gaji dalam tiap bulannya yang besarannya diperkirakan Rp2 juta. "Armadanya (mobil bak) juga akan disiapkan. Bahkan pasarnya sudah disiapkan," ujarnya.
Dengan demikian petani tidak pusing-pusing mencari pasar untuk menjual hasil panennya. Karena semuanya sudah disiapkan. Bukan hanya itu, proses perawatan terhadap tanaman jagungnya juga berbasis teknologi pertanian. "Kalau ditanam secara manual. Tapi nanti pas panen menggunakan mesin," ucapnya.
Oleh karenanya dia meminta bantuan kepada para Kepala Desa, TNI, LMDH dan semua pihak yang ikut terlibat untuk bisa menyukseskan programtersebut. Karena program itu adalah program presiden yang kerjasama dengan salah satu pondok pesantren di karawang. "Saya sudah menyaksikan videonya (budidaya jagung). Ini akan bisa meningkatkan kesejahteraan para petani," katanya.
Kepala Desa Kutanegara Amin, mengaku sangat siap untuk bisa menjalankan program tersebut. Karena dari petani yang ada. Petani Kutanegara merupakan yang paling banyak.
"Kami lakukan pendataan yang belum terdata. Ini kerjasama dengan Pembina AD," ujarnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template