Jangan Beli Buku Jika tak Sesuai Juknis BOS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Jangan Beli Buku Jika tak Sesuai Juknis BOS

Jangan Beli Buku Jika tak Sesuai Juknis BOS

Written By Mang Raka on Rabu, 05 Juli 2017 | 12.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Para kepala sekolah dasar (SD) di Purwakarta keluhkan tingginya harga buku sebagai sarana belajar siswa. Pasalnya, harga yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan melebihi harga petunjuk teknis (Juknis) dana bantuan operasional sekolah (BOS).
"Harga buku yang ditetapkan oleh dana BOS sebesar Rp 23.000, sementara dari PT tertentu harganya sangat mahal, bisa berkali-kali lipat dari harga yang ditentukan," kata salah satu guru yang enggan disebutkan namanya.
Saat ini, beredar kabar jika buku dari penerbit tertentu sudah berada di sekolah-sekolah, diduga setiap sekolah SD wajib membeli buku tersebut, namun ada pula pihak sekolah enggan membeli buku itu karena tidak sesuai juknis. "Inikan sudah melampaui harga sesuai juknis, bagaimana kami akan membuat LPJ-nya," geruntu dia.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto menyarankan agar setiap kepala sekolah dalam pembelian buku itu harus sesuai Petunjuk Teknis (Juknis), jangan membeli buku dari perusahaan yang harganya tidak sesuai juknis. "Manager BOS dan inspektorat sudah memberikan imbauan secara tertulis, tanpa itu juga sebenarnya sudah ada juknisnya," kata Purwanto, dihubungi melalui selulernya.
Pihaknya membantah jika dari Dinas Pendidikan telah memberikan tekanan agar tiap sekolah wajib membeli buku dari perusahaan tertentu. "Sepengetahuan saya tidak ada," tambah Purwanto.
Kedepan, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan melakukan upaya jalur hukum jika pihak perusahaan tertentu itu melakukan intervensi kepada pihak sekolah untuk membayar buku tidak susuai juknis. "Mungkin bisa seperti itu sekiranya memungkinkan. Harus dikaji nanti nunggu arahan pak kadis juga," tutup Purwanto. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template