Harga Ikan di TPI Ciparegejaya Merangkak Naik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Ikan di TPI Ciparegejaya Merangkak Naik

Harga Ikan di TPI Ciparegejaya Merangkak Naik

Written By Mang Raka on Jumat, 07 Juli 2017 | 13.30.00

TEMPURAN, RAKA - Harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran berangsur naik. Bahkan, kenaikan tersebut hingga menembus 40 persen dari harga biasanya. Selain kondisi cuaca yang belum bersahabat kenaikan itu juga akibat volume ikan yang berkurang di laut.

Seperti diungkapkan nelayan Ciparagejaya, Jeje, kondisi ikan di laut masih kurang banyak, ditambah cuaca yang belum bersahabat membuat hasil tangkapan ikan menurun drastis. Kondisi ini, ikut menggerek harga sejumlah varietas ikan yang ditangkap nelayan seperti cumi, bawal, tenggiri dan bandeng dari harga biasanya. Baik di lelang maupun pedagang eceran sekalipun.
Jika harga mahal, jelas nelayan merugi karena permintaan jadi berkurang, bahkan langgananpun memilih mengurangi volume pembelian, sebaliknya jika harga ikan murah, nelayan juga tetap rugi harga ikannya dihargai murah. Karenanya, keuntungan nelayan itu adalah saat harga stabil dengan daya beli atau permintaan yang banyak, tapi kalau kondisi seperti sekarang ini, dipatok mahal pun pembelian berkurang. Dirinya berharap, kondisi cuaca bisa segera stabil dan volume ikan bisa kembali melimpah dilaut. "Harga ikan lagi mahal. Itu karena ikan di lautnya yang sedikit sehingga hasil tangkapan pun berkurang," ungkapnya.
Kasie Ekbang Desa Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, Buby mengatakan, jenis ikan yang naik cukup banyak varietasnya, bahkan mencapai 40 persen kenaikannya. Ia merinci seperti Cumi misalnya dari harga Rp 50 ribuan perkilogram menjadi Rp 80 ribu, begitupun Bawal, dari harga Rp 50 ribu menjadi Rp 70 ribu. Sementara ikan teri nasi sambung Buby, dari harga Rp 30  ribuan naik menjadi Rp 40 ribu dan kakap dari Rp 60 ribuan menjadi Rp 70 ribu perkilogramnya.
Kenaikan juga sebut Buby terjadi pada hasil ikan tawar seperti Bandeng yang saat ini mecapai Rp 30 ribu dari sebelumnya hanya Rp 25 ribuan. Semua kenaikan itu sebutnya, diakibatkan ikan masih kosong dan cuaca nya kurang bagus. "Setelah lebaran, harga Ikan semakin mahal, itu akibat dari kosongnya volume ikan dilaut disamping juga cuacaya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template