Gembleng Kedisiplinan Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gembleng Kedisiplinan Siswa

Gembleng Kedisiplinan Siswa

Written By Mang Raka on Jumat, 21 Juli 2017 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Memang banyak cara untuk bisa menumbuhkan kedisiplinan dan etika dikalangan pelajar diberbagai tingkatan. Salah satunya, dengan aktif belajar di bidang kepramukaan. Karena, pramuka bukan hanya dapat meningkatkan kepercayaan diri yang tinggi. Akan tetapi, mampu menjadi solusi efektif dalam menumbuhkan kedisiplinan para siswa tersebut, agar dapat memiliki etika yang berkualitas. Hal itulah yang menjadi tujuan sekolah SMAN 5 Karawang, dalam menanamkan karakter disiplin para pelajar barunya untuk dapat menjadi mencerminkan siswa berkualitas.
Terkait itu, Maulana Darmawan, siswa kelas XII, jurusan IPA 7 menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan pramuka dilingkungan sekolahnya, upaya untuk merealisasikan program pemerintah yang wajib diadakan di setiap sekolah. "Kegiatan kepramukaan memang wajib harus diadakan pihak sekolah, sebagai bentuk realisasi program pemerintah wajib, dengan durasi waktu kegiatan selama 36 jam," ujar Maulana, sekaligus Pradana Ekskul Pramuka SMAN 5 Karawang, kepada Radar Karawang, di lingkungan sekolah, Kamis (20/7).
Maka dari itu, lanjut dia, program kegiatan 36 jam yang wajib diadakan tersebut, akan berlangsung selama 2 hari lamanya. Hal itu dengan puncak acara kegiatan upacara api unggun sebagai simbol kegiatan di bidang kepramukaan. "Nah, bentuk kegiatannya Perjumsa, perkemahan Jumat Sabtu gitu. Untuk puncak acaranya, upacara api unggun. Serta beragam penampilan kreasi yang ditunjukan para siswa baru di sekolah ini," katanya.
Dia berharap, dengan beragam kreasi yang ditunjukan para siswa baru di sebelas gugus tersebut menjadi bentuk penjaringan siswa berprestasi yang ada di sekolah ini. Sehingga, dengan adanya pertunjukan pentas seni tersebut, mampu menjadikan kesan baik dari para siswa baru terhadap sekolah yang akan ditempatinya sebagai proses pembelajaran dijenjang yang lebih tinggi dapat berjalan efektif. "Nah, untuk pentas para siswa disetiap gugusnya itu, ada inagurasi jadi siswa baru diharuskan menunjukan bakat dan kemampuannya diacara ini," katanya.
Di lokasi yang sama, Dessy Zaira, siswa baru SMAN 5 Karawang, Gugus 1, menyampaikan, dengan adanya kegiatan di bidang kepramukaan dalam proses adaptasi lingkungan sekolah barunya, begitu dinilai positif. Karena, beragam keseruan pembelajaran di kegiatan tersebut mampu menuai hasil yang efektif. "Adanya kegiatan pramuka di sekolah, usai MPLS. Jadi lebih seru lagi dan lebih banyak pengalaman serta pengetahuan yang aku dapatin, pokoknya aku seneng sekali, karena seakan belajar sambil bermain," terangnya.
Dia menambahkan, jika dunia kepramukaan memang sangat disukainya sejak dulu. Oleh karena itu, dirinya akan terus berproses mendalami bidang kepramukaan yang ada di sekolah SMAN 5 Karawang sebagai wahana belajar di ektrakulikulernya nanti. "Aku sudah milih ekskul, aku pengen masuk ekskul pramuka. Karena seru di pramuka itu, kebersamaan serta kedisiplinan dan kepedulian terhadap sesama bener-bener kerasa sekali," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template