Dilarang Pelonco Siswa Baru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dilarang Pelonco Siswa Baru

Dilarang Pelonco Siswa Baru

Written By Mang Raka on Sabtu, 15 Juli 2017 | 14.00.00

KOTABARU, RAKA - Masa orientasi siswa yang biasanya kental dengan perpeloncoan, sudah tidak zamannya lagi. Selain tidak mendidik, kerap jadi ajang balas dendam.
Hal itu diamini oleh guru bahasa Inggris SMPN 2 Kotabaru, Yani. Menurutnya, bukan zamannya lagi kegiatan MOS dikaitkan dengan balas dendam senior terhadap adik kelasnya. Justru kata dia, masa orientasi siswa harus memperkenalkan lingkungan sekolah dengan berbagai kegiatan positif, yaitu tentang tata tertib sekolah, serta kegiatan apa saja yang ada di sekolah. Seperti kegiatan belajar di luar kelas atau ekskul. "Sekarang mah udah ngga zaman lagi atuh," katanya kepada Radar Karawang.
Tidak mau kalah, Listin, guru Teknologi Informasi dan Komunikasi ini juga angkat bicara terkait masa perkenalan lingkungan sekolah. Dirinya meminta kepada setiap panitia, tidak mengisi kegiatan dengan sesuatu hal yang bisa berbahaya bagi siswa baru. "Yang penting jangan keterlaluan saja, dan sekarang tida ada MOS seperti harus menginap lagi kayak dulu," tuturnya.
Hal serupa juga disampaikan oleh Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Kotabaru Ikah Rahmawati. Dia menyampaikan sudah tidak boleh lagi ada perpeloncoan yang dlakukan oleh kakak kelas terhadap adik kelasnya. Sebab, hal tersebut sama sekali tidak memberikan nilai pembelajaran yang baik, dan bermanfaat bagi setiap siswa baru. "Enggak ada manfaatnya kalau masih dilakukan perpeloncoan. Meding dikenalkan dengan tata tertib sekolah dan hal yang lainnya, seperti lingkungan sekolah," ucapnya.
Sementara Kepala SMPN 2 Kotabaru Hermawan, mengaku tidak akan ada kegiatan masa orientasi siswa seperti yang sudah-sudah dilakukan pada zamannya semasa sekolah. Justru bagi dia, kali ini para calon siswa baru akan lebih diperkenalkan dengan berbagai kegiatan, yang bisa membuat minat belajar mereka lebih meningkat. Misalnya, selain dikenalkan dengan lingkungan, setiap siswa baru akan dikenali dengan isi kegiatan lainnya di luar sekolah. Sehingga itu bisa membuat siswa lebih semangat lagi dalam belajar. "Lebih baik dan lebih mendidik. Bisa membantu mengembangkan minat siswa juga kan melalui ekskul mah," akunya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template