Cuma 62 Orang yang Dapat KTP Elektrik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cuma 62 Orang yang Dapat KTP Elektrik

Cuma 62 Orang yang Dapat KTP Elektrik

Written By Mang Raka on Jumat, 07 Juli 2017 | 13.00.00

PURWASARI, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) sudah mendistribusikan kepingan KTP elektronik sampai ke Kecamatan untuk periode Juni - September 2016. Di Kecamatan Purwasari hanya ada 62 orang yang mendapatkan KTP elektrik tersebut.

"Yang 10 ribu sudah kami cetak dan sudah didistribusikan ke Kecamatan," kata Kadisdukcatpil Yudi Yudiawan, kepada Radar Karawang, Kamis (6/7). Menurutnya Kabupaten Karawang membutuhkan 81 ribu keping blanko KTP elektirk, sedangkan memasuki tahun 2017, Disdukcatpil mendapatkan blanko KTP elektrik dari pemerintah pusat sebanyak dua kali, pertama jumlahnya 10 ribu keping dan kedua 30 ribu keping sehingga sisanya masih 41 ribu keping lagi.
Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk yang 10 ribu keping sudah didistribusikan sampai kecamatan. Itu diperuntukan warga Karawang yang sudah melakukan perekaman pada periode Juni - September 2016. Sedangkan yang 30 ribu keping sisanya, saat ini masih proses pencetakan untuk kemudian didistribusikan lagi ke tiap-tiap kecamatan.
"Untuk yang 30 ribu itu bagi warga karawang yang melakukan perekaman pada periode Oktober - Desember 2016," bebernya.
Sementara bagi warga yang melakukan perekaman pada tahun 2017 sampai saat ini, masih belum bisa mendapatkan fisik dari KTP elektrik tersebut. Dengan demikian, dia meminta kepada warga untuk tetap bersabar dan selalu mengikuti arahan dari pemerintah. Sementara sisanya yang belum didistribusikan kata Yudi dinasnya juga masih menunggu.
Untuk mempercepat pencetakan blanko KTP elektrik, menurutnya para Kepala Dinas Kependudukan se Jawa Barat, sudah melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri agar pencetakan blanko KTP elektrik dilakukan oleh regional atau pemerintah provinsi. "Tapi sampai saat ini belum ada jawaban. Karena harus konsultasi terlebih dahulu kepada pihak Badan Intelejen Negara (BIN). Sebab setiap kepingan KTP elektrik spesifikasinya harus ada izin dari BIN," ujarnya.
Sekretaris Desa Purwasari, Bowo menyampaikan, sejauh ini warga purwasari yang KTP elektriknya sudah jadi sebanyak 62 orang. Adapun fisik KTP nya sudah ada di Kecamatan. Oleh karenanya daftar nama yang KTPnya sudah jadi ditempel didepan pintu masuk desa, agar warga bisa mengetahui secara detail siapa saja yang KTP nya sudah jadi. "Bagi warga yang namanya sudah terpampang dikertas yang ditempel didepan pintu masuk kantor desa. Silahkan ambil KTPnya ke Kecamatan," tandasnya.
Tetapi, tambah Bowo, untuk meningkatkan pencapaian PBB, pemerintah kecamatan saat ini sedang menggalakan program pemungutan PBB secara masif. Diantaranya dengan menyertakan bukti sudah membayar PBB pada saat warga mengurus dokumen ke Kecamatan. "Kalau mau ngambil KTP, warga harus bawa surat keterangan atau KK. Kemudian bawa juga surat tanda lunas PBB atau tupi 2017," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template