Calo Tenaga Kerja Jerat Mangsa Lewat Medsos - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Calo Tenaga Kerja Jerat Mangsa Lewat Medsos

Calo Tenaga Kerja Jerat Mangsa Lewat Medsos

Written By Mang Raka on Rabu, 26 Juli 2017 | 17.33.00

- Raup Puluhan Juta Rupiah

KARAWANG, RAKA - Cara mafia tenaga kerja menjerat mangsanya sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Jika biasanya dilakukan secara konvensional, yaitu membuka tempat penyalur tenaga kerja. Kini memanfaatkan media sosial.
Hal itu terungkap setelah seorang penipu calon tenaga kerja Abdul Mikdad alias Adul (25), diamankan petugas kepolisian di Jalan Panatayuda, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, usai belasan calon tenaga kerja diduga telah menjadi korbannya melapor ke Polres Karawang.
Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mappaseng mengatakan, penangkapan terhadap pelaku dilakukan setelah salah satu korban bernama Ai Iip Latifah, melaporkan perbuatan tersangka. Pasalnya, korban sudah menyerahkan uang sebesar Rp 4 juta, sebagai syarat agar korban diterima sebagai pekerja di salah satu pabrik di Karawang International Industrial City (KIIC). Namun, pekerjaan yang dijanjikan pelaku tak kunjung terealisasi, hingga akhirnya korban melapor ke polisi. “Korban sempat menunggu selama sebulan sesuai dengan janji pelaku. Namun hingga kini korban belum juga bekerja, sedangkan uang sudah korban berikan kepada pelaku,” kata Maradona, Selasa (25/7) kemarin.
Berdasarkan laporan tersebut, lanjut Maradona, pihaknya langsung melakukan penyelidikan sekaligus mengamankan pelaku, yang saat itu tengah berada di kontrakannya di Kelurahan Nagasari. Pelaku melakukan penipuan dengan cara memposting pada akun facebook milik terlapor. “Dari postingan tersebut, pelaku kemudian melanjutkan komunikasi dengan para korban via BBM, dan menyanggupi bisa mempekerjakan korban di PT Six KIIC Karawang dengan meminta uang adm Rp 4 juta, serta berjanji paling lambat satu bulan korban sudah bisa bekerja,” terangnya.
Selain itu, pelaku juga menyebutkan, setidaknya sudah puluhan calon tenaga kerja yang telah menjadi korbannya dengan modus yang sama. “Diduga selain korban, ada sekitar 10 sampai dengan 15 orang korban lainnya yang ditipu pelaku,” ujarnya.
Kini guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, polisi langsung melakukan penahanan terhadap pelaku.(ops)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template