Buat Lotion Anti Nyamuk dari Rumput Teki - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buat Lotion Anti Nyamuk dari Rumput Teki

Buat Lotion Anti Nyamuk dari Rumput Teki

Written By Mang Raka on Senin, 24 Juli 2017 | 16.00.00

Siswi SMAN 1 Jatisari Juara Karya Ilmiah

JATISARI, RAKA - Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asalkan ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Itulah pesan yang disampaikan oleh Dewi Nurhasanah dan Sinta Ayu, siswi SMAN 1 Jatisari yang berhasil menemukan lotion anti nyamuk dari rumput teki, pada perlombaan olimpiade karya ilmiah remaja yang digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung. Meski mendapatkan juara kedua, mereka mampu melambungkan nama sekolahnya.
Dewi Nurhasanah, yang baru duduk di bangku kelas 2 IPA ini juga tidak menyangka, dia bersama sahabatnya Sinta Ayu bisa keluar menjadi juara kedua pada perlombaan karya imliah remaja di Bandung beberapa hari kemarin. Dia menjelaskan awal dirinya menemukan penemuan tersebut. Berawal dari sebuah pencarian yang dihasilkan dari beberapa pengalaman hidupnya selama bermain di lingkungan masyarakat, serta beberapa percobaan yang dilakukannya. Rumput teki sendiri kata dia, merupakan suatu jenis tumbuhan rumput semak yang dapat ditemukan dimana saja. Dan memiliki banyak manfaat lainnya. Setelah dicoba untuk berbagai manfaat lainnya, selain baik untuk kesehatan dan pengobatan, ternyata rumput teki juga bisa membuat nyamuk kelepek-kelepek. "Manfaatnya juga banyak banget. Bisa jadi obat menurunkan berat badan, demam, diare, menyembuhkan luka dan menjaga sistem pencernaan," jelasnya kepada Radar Karawang.
Rumput teki, kata dia, selain mudah ditemukan, juga berkembang hidup dengan cepat. Cukup menambahkan rumput teki serta bahan-bahan lainnya, seperti air dan peracikan rumput dibubukan. Setelah itu dioleskan. Dan ternyata bisa membuat kulit terhindar dari gigitan nyamuk. "Awalnya coba-coba saja, karena banyak tumbuhan selain rumput teki yang tidak disukai oleh nyamuk. Kayak kulit jeruk serta tumbuhan lainnya," tuturnya.
Dia mengaku sangat senang dan bangga bisa mewakili sekolah, dan berhasil membawa nama baik sekolah dengan prestasinya sendiri. Karena selama ini, baru prestasi tersebut yang dia berikan kepada sekolah. "Bangga, seneng banget tidak nyangka juga," akunya.
Dia berharap apa yang dia dapatkan tersebut, bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelas lainnya untuk meraih prestasi. "Tidak ada yang sulit kok, asalkan ada kemauan aja pasti ada jalan," pesannya.
Enda, salah satu guru di SMAN 1 Jatisari mengaku sangat bangga dengan prestasi anak didiknya. Meski tidak menjadi juara pertama, namun keluarga besar sekolah tetap merasa bangga dengan usaha yang sudah mereka lakukan selama ini. "Bangga banget ya, karena perlombaan tersebut juga banyak diikuti oleh siswa dan sekolah besar lainnya di seluruh Indonesia," tuturnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template