Bertahan dari Gempuran Industri Otomotif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bertahan dari Gempuran Industri Otomotif

Bertahan dari Gempuran Industri Otomotif

Written By Mang Raka on Senin, 24 Juli 2017 | 15.00.00

Penghasilan Bengkel Sepeda Merosot

KOTABARU, RAKA - Membludaknya pengguna motor di Kecamatan Kotabaru ternyata berdampak terhadap penjual dan pemilik bengkel sepeda. Amin (56) contohnya. Warga RT 20 RW 06, Desa Pangulah Baru, Kecamatan Kotabaru, itu sangat merasakan seretnya penghasilan saat masyarakat lebih memilih mengendarai motor dibanding sepeda.
Jika dulu dia mendapatkan penghasilan hingga Rp 400 ribu per hari, kini paling tebal hanya Rp 150 ribu. "Mempengaruhi juga kalau jumlah kendaraan motor banyak mah. Jadi pendapatan saya berkurang," ujarnya kepada Radar Karawang, Minggu (23/7) kemarin.
Berbeda dengan Amin. Penjual sekaligus pemilik bengkel sepeda di Dusun Karajan, Desa Pucung, Kecamatan Kotabaru, Dede (23) mengaku pendapatannya tidak jauh berubah. Dalam satu hari, dia bisa membawa pulang Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu per hari. Tergantung dari banyaknya penjualan dan seberapa sering pelanggannya memperbaiki sepeda. "Sama saja itu mah, gak terlalu ngaruh. Soalnya saya tidak punya pelanggan tetap," ujarnya.
Pemilik bengkel sepeda di dekat perlintasan kereta api Cikampek, itu mengatakan, setiap hari bisa memperbaiki lima sepeda. Seperti ganti sadel dengan harga Rp 25 ribu, ganti bearing Rp 15 ribu, ganti rem Rp 30 ribu, dan kerusakan lainnya. "Kalau satu minggu terjual 5 (sepeda) itu lumayan. Tergantung miliknya aja saya mah. Kalau ada Alhamdulillah," katanya.
Kurang lebih tiga tahun dia sudah menjadi penjual sekaligus pemilik bengkel sepeda. Sebelumnya, dia pernah menjalani berbagai jenis pekerjaan, bahkan sempat menjadi tukang ojek. Menurutnya, menjual sepeda lebih enak. "Alhamdulillah sudah ketemu rizkinya," katanya. (cr1)    

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template