Anak SD Sukaluyu I Diajarkan Sikat Gigi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak SD Sukaluyu I Diajarkan Sikat Gigi

Anak SD Sukaluyu I Diajarkan Sikat Gigi

Written By Mang Raka on Jumat, 21 Juli 2017 | 12.00.00

*Puskesmas Telukjambe Timur Edukasi 200 Siswa SD

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Puskesmas Telukjambe Timur, Kamis (20/7) mengedukasi 200 siswa Sekolah Dasar (SD) Sukaluyu I tentang cara merawat kesehatan gigi. Selain belajar cara menyikat gigi yang benar, mereka juga mendapat pemeriksaan gigi terkait kondisi mulut dan gigi siswa.

"Sebetulnya yang kita inginkan puskesmas sebagai pusat kesehatan gigi di daerah ini dapat memberikan kesehatan gigi yang baik bagi siswa sekolah dan bisa menjadi percontohan di sekolah lain," ucap Kepala Humas Puskesmas Telukjambe Timur Ahmad. S. Kep. Kepada Radar Karawang.
Ahmad menambahkan untuk itu pihaknya secara perlahan akan menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah, terutama untuk tingkatan sekolah dasar. "Perlahan kita ajak kerja sama. Jika kita ajak siswa mengikuti kegiatan ini, biasanya kepala sekolahnya tertarik untuk mengikuti kegiatan lain. Setelah kegiatan ini, kita berusaha mengadakan kegiatan yang berkelanjutan. Kita berharap perilakunya menjadi lebih baik dan kesadaran akan kesehatan giginya semakin tinggi,” ungkap.
Dalam kesempatan yang sama, Ahmad pun menegaskan harapannya agar siswa sekolah bisa menjadi kebiasaan menjaga gigi untuk masa depan dan kelangsungan kesehatannya. Menurutnya, kebiasaan menyikat gigi orang Indonesia sudah dilakukan dua kali sehari, yaitu sebelum ibadah shalat subuh dan setelah mandi sore. Namun, setelah mandi sore orang masih sering makan malam dan mengkonsumsi camilan. “Sebaiknya setelah makan di malam hari, kita menyikat gigi untuk membersihkan sisa makanan di mulut agar terbebas dari bakteri," terangnya.
Kepala sekolah Sukaluyu I, Yayan Mulyani. Spd. mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan kesehatan yang digagas Puskesmas Telukjambe Timur. Dia pun membenarkan dengan mendapatkan pengetahuan lebih perihal menjaga kesehatan mereka akan tertanam dengan baik. Kebiasaan pemeliharaan kebersihan diri sendiri tidak terlepas dari upaya pendidikan secara keseluruhan, khususnya pendidikan kesehatan.
Pemeliharaan kebersihan yang optimal akan terwujud apabila sejak kecil kepada anak sudah ditanamkan sikap hidup bersih dan contoh dari orang-orang yang berada disekitarnya. "Karena itu setiap orang harus selalu berupaya memelihara dan meningkatkan taraf kebersihan diri sendiri dengan membiasakan hidup bersih dan sehat disamping mencegah penyakit. Agar kesehatan diri sendiri selalu terpelihara maka kebersihan mulut, gigi, kulit, kuku, rambut, mata, hidung, telinga, dan pakaian harus selalu terjaga," harapnya.
Yunus Vivianto (12) siswa kelas 6 mengatakan dengan mengikuti pembelajaran masalah pemeliharaan gigi jadi lebih tahu menjaga kesehatan. Makanya dirinya akan menjaganya dengan baik. "Jadi takut makanya saya akan rajin gosok gigi biar tidak bolong sehingga menyebabkan sakit gigi," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template