Anak Autis Boleh Diimunisasi Rubella - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak Autis Boleh Diimunisasi Rubella

Anak Autis Boleh Diimunisasi Rubella

Written By Mang Raka on Sabtu, 29 Juli 2017 | 14.00.00

TELAGASARI, RAKA - Selain Guru dan Kepala Sekolah tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di Telagasari, giliran Kader Posyandu menerima sosialisasi menjelang pelaksanaan vaksinasi campak dan Measles Rubella (MR), Agustus mendatang. Sosialisasi digelar  di Aula Kantor Kecamatan Telagasari Jumat (28/7) pagi bersama 72 Kader posyandu dari 14 Desa.

Programer Imunisasi MR UPTD Puskesmas Telagasari, Pepi Susilawati A.Mk mengatakan sosialisasi menjelang pelaksanaan imunisasi dilakukan tiga kali, karena selain kepada para guru dan Kepsek, Kader Posyandu dan lintas sektor juga harus tersampaikan. Khusus para Kader Posyandu ini, dalam pelaksanaan MR nanti, masing-masing diharapkan bisa membantu, mulai dari pendataan sasaran yang ada diwilayah Posyandu masing-masing, khususnya anak-anak usia 9 bulan - 15 tahun sampai pada pencatatannya.
Berdasarkan data yang dihimpun tahun lalu ada 17.109 anak di Kecamatan Telagasari yang menjadi sasaran imunisasi. Jumlah itu bisa saja bertambah atau mungkin berkurang setelah didata ulang, baik oleh lembaga sekolah maupun para Kader Posyandu ini. "Nanti para Kader ini membantu perannya mendata lagi anak-anak TK/PAUD, anak putus sekolah, santri dan lainnya di lingkungasn masyarakat," ujarnya.
Lebih jauh Pepi menambahkan, anak autis juga boleh diimunisasi Rubela asalkan ada lampiran persetujuan dari orangtuanya. Karenanya, semua jadwal imunisasi sudah disiapkan baik untuk masing-masing Pos, di sekolah dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Bahkan, jikapun masih ada yang tertinggal, pihak Puskesmas juga mengagendakan kegiatan sweping susulan jika ada anak usia 9 bulan - 15 tahun sempat tertunda imunisasinya, atau karena faktor lain.
Pepi berharap kerjasama semua pihak untuk suksesi vaksinasi rubela ini berjalan optimal sampai pelaksanaannya nanti sesuai target, karena stok vaksin MR ini sudah ada di UPTD Puskesmas, bahkan dilebihkan 10 persen untuk antisipasi kekurangannya. "Stok vaksin sudah ada di Puskesmas, tinggal pelaksanaannya setelah semua sosialisasi ini rampung," pungkasnya.
Kepala UPTD Puskesmas Telagasari, Asep Saepul Bahri S.Km berharap, semua kader yang ikuti sosialisasi ini semangat dalam pendataan dan penyisiran sasaran anak-anak yang akan di vaksin dan tidak terlewat satupun. Dari 72 Kader Posyandu, ia menaruh harapan, para Kader, Para Kepala SD hingga Kepala Desa sama-sama galakan suksesi imunisasi ini, baik fasilitas dilapangannya maupun mobilisasinya." Mohon kerjasamanya, semoga saja andil dalam pelaksanaan Imunisasi MR ini," tandasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template