140 Kader Posyandu Dikerahkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 140 Kader Posyandu Dikerahkan

140 Kader Posyandu Dikerahkan

Written By Mang Raka on Rabu, 19 Juli 2017 | 16.00.00

*Puskesmas Telukjambe Sosialisasikan Imunisasi Campak dan Rubella

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Imunisasi massal campak dan measles rubella (MR) pada Agustus mendatang disosialisasikan secara serentak. Bahkan untuk itu hampir merata disemua wilayah sudah dilakukan penyisiran anak peserta imunisasi, tanpa terkecuali di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur. Malah untuk wilayah ini puskesmas setempat melibatkan puluhan kader posyandunya untuk mensosialisasikannya.

Seperti diinformasikan sebanyak 140 kader posyandu Desa Telukjambe dan Sukaluyu mengikuti sosialisasi kampanye pencegahan penyakit MR (Measles Rubella). Kegiatan yang dilakukan Puskesmas Telukjambe Timur ini berlangsung di Aula Desa Telukjambe. Sosialisasi tersebut dimotori Bagian Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Telukjambe Timur Hj. Dede Suhartini dan Kepala Bidan Puskesmas Telukjambe Timur Tri Astuti Ambarsari, S. ST.
"Melalui kampanye imunisasi ini diharapkan mampu membuat para kader posyandu aktif, selain harapan setelah mengikuti sosialisasi tersebut akan membuat agenda rutin yang bisa mendukung kampanye pemberian imunisasi MR pada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun," terang Kepala Bidan, Hj. Tri astuti ambarsari. S. ST, kemarin. Sedang pemberian imunisasi dilakukan terhadap anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun dengan cakupan tinggi hingga 95 persen. Dan diharapkan merata hingga akan  membentuk imunitas kelompok sehingga dapat mengurangi transmisi virus ke usia yang lebih dewasa dan melindungi kelompok tersebut ketika memasuki usia reproduksi.
Tri juga menegaskan kampanye yang dilakukan juga untuk menyebarluaskan informasi pelaksanaan kampanye imunisasi (pemberian imunisasi secara massal dan serentak) Campak dan Rubella pada bulan Agustus sampai dengan September 2017 di Kabupaten Karawang. Dirinya berharap Kader Posyandu dua desa itu (Sukaluyu dan Telukjambe) bisa kooperatif dan ikut berpartisipasi menangkal penyebaran virus yang sangat berbahaya tersebut.
"Kegiatan sosialisasi akan digelar selama dua hari berturut-turut dan melibatkan lima desa. Dan saya sangat apresiasi sekali karena pada hari ini disosialisasikan sebuah program dari pusat tentang pelaksanaan imunisasi campak dan rubella yang mana penyakit ini dapat memberikan kesakitan dan juga kecacatan seperti cacat mata, cacat telinga, dan bahkan cacat otak," terangnya.
Masih dikatanan Tri, penyakit cacat otak otomatis akan membahayakan dan mengganggu perkembangan mentalnya. Dirinya membayangkan jika hal itu terjadi pada anak-anak kader posyandu, "Kalau anak-anak kita terkena penyakit ini akan sangat memprihatinkan. Kalau tidak kita cegah, akan berakibat buruk pada perkembangan anak-anak kita dimasa depan," tandasnya.
Hal senada pun diutarakan Promkes Puskesmas Telukjambe Timur Hj. Dede Suhartini. Dirinya mengungkapkan pencegahan itu akan sangat efektif dan berharap kader posyandu mampu menjadi garda terdepan pelaksanaan pencegahan penyakit MR di lingkungan Kecamatan Telukjambe Timur. "Program dari pemerintah ini hanya memutus tali penularan itu sendiri dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh dengan imunisasi," katanya.
Sementara disela-sela kegiatan kader pos yandu Desa Sukaluyu, Tien Rohaeti (30) menuturkan, dia berharap dengan diadakan acara sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan koordinasi untuk mendapatkan dukungan dari lintas sektor, lintas program dan ormas. “Tujuan lain yang ingin dicapai adalah adanya kesempatan untuk mensukseskan kampanye Imunisasi Campak dan Rubella di Kecamatan Telukjambe Timur. Sehingga penyakit tersebut tidak meneror anak-anak yang ada dilingkungannya," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template