Waspadai Pengepul Cabai dan Daging - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Pengepul Cabai dan Daging

Waspadai Pengepul Cabai dan Daging

Written By Mang Raka on Senin, 05 Juni 2017 | 16.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Meskipun harga kebutuhan pokok masih stabil dipertengahan ramadan, antisipasi lonjakan perlu dideteksi pemerintah sedini mungkin menjelang Idul Fitri nanti. Pasalnya, memasuki H-10 lebaran, gejala kenaikan kenaikan akan mulai nampak dikebutuhan dapur masyarakat Karawang.

Pemerhati Ekonomi, Alfiah SE mengatakan, pemerintah dimintanya tidak lengah menyikapi gejala kenaikanm harga kebutuhan pokok jelang Idul Fitri nanti. Pasalnya, meskipun saat ini masih tergolong normal, gejala kenaikan akibat hukum pasar masih dianggap wajar. Namun, maraknya oknum pengepul yang bermain harga jelang lebaran, harus siap-siap ditindak Pemerintah Daerah, minimalnya memastikan semua kebutuhan pokok masyarakat terjamin distribusinya secara wajar. Adapun sejumlah kebutuhan yang rawan diselewengkan oknum pengepul adalah Cabe Merah dan bawang. Begitupun terjadi pada pasokan daging sapi dan ayam. "Fokus pada pengendalian harga cabai, bawang dan daging, ini yang selalu bikin masyarakat menjerit," Ungkapnya.
Daging misalnya sambung alumni STIE Budi Pertiwi Karawang ini, H - 3 lebaran harganya masih tergolong stabil dikisaran Rp 90 - 110 ribu/kg namun dihari H jelang puasa, langsung melesat diangka Rp 130 ribuan. Disisi lain, daging murah Rp 80 ribu/kg yang digemborkan Pemerintah justru banyak terdapat di supermarket, bukan di pasar-pasar tradisional. Karenanya, ia berharap operasi pasar dan pengendaliannya berlu dibentuk tim di daerah, termasuk Bulog dan Kepolisian. "Saya kira perlu dibentuk tim pengendalian harga daging dan sembako disetiap daerah," sarannya.
Inflasi disaat permintaan tinggi, sambung Alfiah adalah hal yang lumrah terjadi dalam hukum ekonomi, namun semua itu dipengaruhi dengan daya beli masyarakatnya. Untuk itu, harus ada solusi dari Disperindagtamben mengantisipasi segala konsekwensi ekonomi yang bakal dihadapi dihari-hari mendekati lebaran. Seperti kelangkaan gas, harga daging mahal hingga daya beli masyarakat yang teramat tinggi. "Harus siap hadapi konsekuensi ekonomi menjelang idul fitri," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template