Waspadai Kebakaran Gerbong Kereta Api - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Kebakaran Gerbong Kereta Api

Waspadai Kebakaran Gerbong Kereta Api

Written By Mang Raka on Kamis, 15 Juni 2017 | 12.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Bekerja sama dengan petugas pemadam kebakaran Purwakarta, PT KAI Daop II Bandung menggelar simulasi antisipasi bencana menjelang musim mudik lebaran 2017. Dalam kegiatan simulasi yang digelar di Stasiun Purwakarta itu, petugas mencoba memadamkan api yang membakar gerbong kereta di Stasiun Purwakarta.
Kepala Stasiun Purwakarta, Akbar Purnama mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program rutin yang dilakukan setiap tahun menjelang Idul Fitri. Simulasi yang di gelar yaitu tentang kebakaran serta longsor dan amblas, merupakan upaya PT KAI untuk menjaga keselamatan penumpang serta aset-aset yang berada di sekitar stasiun maupun di jalur perlintasan. Bencana kebakaran serta lonsor dan amblas tidak pernah diduga datangnya, apalagi kebakaran juga dapat berpengaruh tidak hanya gedung saja tetapi terhadap penumpang, kereta api serta lingkungan sekitar. "Kami menyiagakan personil ekstra, baik itu keamanan maupun petugas pemeriksa tambahan, hal ini dilakukan untuk penanganan keadaan darurat seperti kebakaran serta anjloknya kereta api saat musim mudik," tuturnya, kemarin.
Ada dua simulasi yang digelar yaitu simulasi penanganan kebakaran dan simulasi penanganan kereta anjlok.
Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Purwakarta, Wibisono mengatakan, dengan adanya simulasi penanganan kebakaran, pihaknya menyambut dengan baik. Dan apabila pada jelang mudik dan balik lebaran 2017 anggota pemadam kebakaran diminta oleh PT KAI, maka anggotanya selalu siap untuk melaksanakan tugas. "Ada tim damkar dengan satu unit mobil Fire Track yang berpartisipasi. Simulasi dibuat serealistis mungkin, dengan permasalahan yang akan dihadapi ketika terjadi  kebakaran kereta api,'' tutur Wibisono.
Untuk simulasi penanganan kebakaran lengkap dengan ambulance dan paramedic dengan total ada sekitar 100 personil gabungan yang dilibatkan dari PT KAI dan Damkar Kabupaten Purwakarta. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template