Waspada Peredaran Uang Palsu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspada Peredaran Uang Palsu

Waspada Peredaran Uang Palsu

Written By Mang Raka on Rabu, 07 Juni 2017 | 11.30.00

- Selama Puasa dan Jelang Lebaran

PURWAKARTA,RAKA - Jajaran kepolisan dari Polres Purwakarta, menghimbau agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran uang paslu (Upal). Pasalnya, upal tersebut bisa bermunculan apalagi jelang lebaran. Bahkan, untuk kuantitas dan kualitasnya upal tersebut secara kasat mata nyaris sempurna.
"Kami imbau sekali, benar-benar mengingatkan agar semua lapisan masyarakat, termasuk para pelaku usaha untuk benar-benar waspada terhadap peredaran uang palsu di masa puasa hingga jelang lebaran," kata Kapolres Purwakarta, AKBP Hanny Hidayat, melalui Kasat Reskrim AKP Agta Bhuwana di Mapolres Purwakarta, Selasa (6/6).
Menurutnya, aktifitas penggunaan uang untuk konsumsi kebutuhan sehari-hari selama puasa meningkat tajam. Termasuk untuk penukaran uang baru yang biasa digunakan untuk pembagian pada anggota keluarga. "Peredaran uang selama puasa ini tinggi ya, untuk konsumsi maupun penukaran uang. Jadi, pastikan uang yang didapat itu asli," kata dia.
Sejumlah cara-cara mengecek keaslian mata uang yakni dilihat. Uang asli memiliki warna cerah dan tidak luntur. Uang asli mempunyai tanda air yang menggambarkan tokoh pahlawan nasional serta memiliki benang tali pengaman. Lalu diraba, uang palsu biasanya berbahan kertas tipis dan mudah lecek. Kemudian diterawang dengan cara mendekatkan uang pada sumber cahaya dan pastikan tanda air dan tali pengaman tercetak dengan baik. "Bisa juga menggunakan ultra violet pendeteksi uang palsu. Jika ada aktifitas mencurigakan terkait peredaran uang palsu, langsung hubungi polisi terdekat," kata Kapolres. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template