Tumbuhkan Budi Pekerti Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tumbuhkan Budi Pekerti Siswa

Tumbuhkan Budi Pekerti Siswa

Written By Mang Raka on Jumat, 09 Juni 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Mengisi kegiatan di bulan Ramadan,  SMK Muhammadiyah Cikampek, mengkemas berbagai kegiatan sekolah dengan beragam perlombaan seni dan pesantren kilat, yang menyesuaikan dengan juklak juknis Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) nomor 23 Tahun 2015, tentang Penumbuhan Budi Pekerti dikalangan pelajarnya. Kegiatan tersebut bertujuan agar etika, moral dan kedisiplinan para siswanya dapat mencontohkan Nabi Muhammad SAW.
"Pelaksanaan budi pekerti yang diadakan di lingkungan sekolahnya SMK Muhammadiyah ini, diikuti 640 siswa kelas sepuluh, dan 610 di kelas sebelas ini, diadakan seminggu lamanya, dengan tujuan agar pengetahuan, keagamaan dan keislaman para siswa terbentuk, sehingga dapat mencerminkan sebuah sifat yang patut dicontoh," ujar ketua Pelaksana Penumbuhan Budi Pekerti, Saepul Khaer.S.Pd.I, kepada Radar Karawang, di lingkungan sekolah, Kamis (8/6) pukul 08.00 WIB.
Menurut Saepul, kegiatan yang diperuntukan bagi para siswanya tersebut, tidak hanya sebagai pengisi waktu luang aktifitas belajar di sekolah. Namun, hal ini merupakan sebuah bentuk realisasi Pemendikbud tersebut. "Kegiatannya di bagi dua gelombang, karena banyaknya siswa di kelas sepuluh dan kelas sebelas, jadi satu Minggu itu dibagi dua waktunya, Senin sampai Selasa kelas sepuluh dan siswa kelas sebelas hari Rabu sampai Jumat, bobot materinya sama," katanya.
Bahkan, baginya, berbagai materi yang lebih menonjolkan budi pekerti para siswinya tersebut, diharapkan mampu menjadi upaya dalam mencegah para siswanya dalam beretika komunikasi yang dimana dapat menjadi pemicu perpecahan dan perkelahian nantinya. "Memang semua materinya lebih ke tingkat laku yang baik semua serta sisi moral  para siswa nantinya, sehingga nanti etika berkomunikasi mereka akan lebih baik lagi ditingkatkan, terutama di media sosial nantinya," ucapnya.
Sehingga, dia menambahkan,  kegiatan ini juga diisi dengan lomba seni pendidikan Agama Islam. "Iya, sebelum pesantren kilat dalam menumbuhkan sebuah nilai-nilai budi pekerti ini, kami pun sebelumnya mengadakan lomba seni PAI di sekolah ini yang diikuti siswa nantinya," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template