Tinjau Ulang Andalalin PT Besco - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tinjau Ulang Andalalin PT Besco

Tinjau Ulang Andalalin PT Besco

Written By Mang Raka on Senin, 05 Juni 2017 | 16.00.00

- Pemda Tidak Tegas Jalankan Regulasi

PURWASARI, RAKA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang didesak untuk segera meninjau ulang Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin) PT Besco. Selama ini keberadaan perusahaan itu dipinggir Jalan Tamelang, Kecamatan Purwasari dinilai sebagai pemicu kemacetan permanen di jalan tersebut.

"Macetnya tidak beres-beres terutama saat jam pulang kantor. Itu artinya ada permasalahan yang tidak beres," tegas Ketua LSM Garda RI Denis kepada Radar Karawang, Minggu (4/6). Dia menyampaikan, ada perbedaan yang signifikan dalam tiap tahunnya terkait lalulintas di depan PT Besco. Pada awal-awal berdirinya PT Besco tidak separah saat ini. Tetapi semakin tingginya mobilitas warga Karawang semakin panjang juga kemacetan yang terjadi di jalan tersebut. Karena itu menurut dia Dishub harus meninjau ulang andalalinnya (PT Besco). Karena kalau tetap dibiarkan akan semakin parah.
Dia menegaskan, Pemda melalui Dishub memiliki kewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi peninjauan ulang andalalin tersebut. Karena adanya perubahan kondisi lalulintas pada saat andalalin dikeluarkan ketika perusahaaan mulai beroperasi. "Kalau ada kekurangan atau kesalahan, termasuk perubahan maka pemerintah daerah berhak merubah atau memperbaiki kembali," paparnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, andalalin merupakan studi atau kajian mengenai dampak lalulintas dari suatu kegiatan atau usaha tertentu yang hasilnya dituangkan dalam bentuk dokumen andalalin atau perencanaan pengaturan Lalu Lintas. "Hal ini dikaitkan bahwa setiap perubahan guna lahan akan mengakibatkan berubahan di dalam sistem transportasinya," bebernya.
Dengan Andalalin maka dapat diperhitungkan berapa besar bangkitan perjalanan baru yang memerlukan rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas untuk mengatasi dampaknya. Karena tujuan dari andalalin adalah memprediksi dampak yang ditimbulkan suatu pembangunan kawasan, menentukan bentuk peningkatan atau perbaikan yang diperlukan untuk mengakomodasikan perubahan yang terjadi akibat pengembangan baru.
Selain menyelaraskan keputusan-keputusan mengenai tata guna lahan dengan kondisi lalu lintas, jumlah dan lokasi akses, serta alternatif peningkatan atau perbaikan.
Mengidentifikasi masalah-masalah yang dapat memengaruhi putusan pengembang dalam meneruskan proyek yang diusulkan. Disamping sebagai alat pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen dan rekayasa lalu lintas. "Sekali lagi kami tegaskan. Karena kemacetan itu sudah sangat mengganggu masyarakat umum, maka harus ada peninjauan ulang andalalinnya," tegasnya.
Menurutnya, kegagalan pembangunan di Karawang salah satunya adalah tidak tegasnya pemda dalam menjalankan regulasi yang ada. Sehingga meski terjadi ketimpangan dan merugikan ketertiban umum. Tetap saja dibiarkan seolah tidak ada permasalahan apa-apa. "Jangan pura-pura tidak tahu. Kalau kemacetannya terjadi tiap hari berarti sudah menggangu lalulintas di karawang," ujarnya.
Sementara Kepala Bidang Lalulintas (Kabid Lalin) Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, H Adang Sumaryana mengaku akan segera menindaklanjuti adanya desakan dari sejumlah kalangan tersebut. Bahkan dia juga memastikan peninjauan andalalin PT Besco bisa saja dilakukan untuk kenyamanan berlalulintas. "Ya (peninjauan ulang andalalin PT Besco) nanti kami akan kordinasi dengan PT Besco," ujarnya singkat. (zie)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Sy sbg warga Krwg yg jarang menggunakan lalin sekitar tsb, setuju, bhw negara / pemda hrs hadir dlm situasi yg diperlukan oleh rakyat. Ingat, evaluasi kinerja pemda yg tidak baik, akan melenyapkan nilai positif kota Karawang secara umum. Semua perlu kesadaran dari dalam orang-orang pemerintahan, baru nanti rakyatnya mengikuti. Malu dengan kabupaten tetangga Purwakarta. In syaa Allah kita bisa..... AAmiin.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template