Sistem Drainase Buruk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sistem Drainase Buruk

Sistem Drainase Buruk

Written By Mang Raka on Rabu, 07 Juni 2017 | 14.00.00

LINGKUNGAN Guro I RT 05 dan 06 RW 11, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, terendam banjir menyusul hujan yang turun hampir semalaman. Hal itu terjadi akibat buruknya drainase di daerah tersebut sehingga tidak mampu menampung air yang tercurah hingga meluap ke pemukiman.

Warga RT 06 RW 11, Kelurahan Nagasari, Enjang Wahyudin (57) menyampaikan ukan hal yang baru baginya jika wilayahnya terkena banjir seketika diguyur hujan. Pasalnya dalam dua tahun terakhir persoalan banjir diwilayahnya sampai saat ini belum dapatkan solusi, sekalipun pemerntah Daerah berada tepat didepan perkomplekan tersebut. "Hujan dari jam 11 malam hingga pagi sampai saat ini 09.11 Wib, air hujan belum juga surut apa lagi di Jalan Mangga 2," tuturnya kepada Radar Karawang, Rabu (6/6).
Ia mengatakan, tidak menjamin dengan bertumbahnya perekonomian yang kian terus melesat seperti adanya pabrik-pabrik dan juga kawasan-kawasan jika sampai saat ini persoalan sepele seperti banjir masih diabaikan. "Satu tahun ini saja sudah hampir 4 kali banjir, bisa jadi akibat drainase di tutur menjadi faktornya," tuturnya.
Ia mengatakan, semasa dirinya mejabat sebagai kepala rumah tangga (RT) kondisi seperti ini jarang bahkan nyaris tidak ada, namun karena yang saat ini kesadaran masyarakat sekitar perlu lagi untuk disadarkan akan pentingnya prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang sampai saat ini dinilai belum menunjukan kebersamaannya. "Kerja bakti saja sekarang tidak pernah kalau dulu saluran sering dibersihkan, namun karena semunya di tutup jadi dampaknya timbul banjir," tuturnya.
Lurah Nagasari, H Endeng SH MH mengatakan, dirinya menyadari jika wilayahnya belum sepenuhnya terbebas dari banjir, sekalipun kegitan rutin membersihkan saluran drainase namun masih saja jika warga mengeluhkan dengan datangnya huja semalamansehingga banjir tak terelakan. "Tahun 2018 akan dilakukan perbaikan, kelurahan telah mengusulkan melalui musrenbang," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template