Sehari 20 Warga Mengurus KTP dan KK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sehari 20 Warga Mengurus KTP dan KK

Sehari 20 Warga Mengurus KTP dan KK

Written By Mang Raka on Rabu, 14 Juni 2017 | 15.30.00

PURWASARI, RAKA - Kepadatan jumlah penduduk di wilayah Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari membuat kantor desa itu tidak pernah sepi dari warganya yang mengurus keperluan administrasi kependudukannya. Rata-rata dalam tiap harinya bisa mencapai 15 - 20 orang yang datang untuk mengurus keperluannya.

Sekdes Purwasari Bowo, kepada Radar Karawang, Selasa (13/6) mengatakan itu. Menurut dia jika dirata-rata jumlah warga yang setiap hari mengunjungi kantor kecamatan untuk mengurus kelengkapan dokumentasi kependudukannya bisa mencapai 15 hingga 20 orang diatas rata-rata. Menurutnya, ramai tidaknya warga yang datang ke Desa tergantung kebutuhan, kalau saat ini sedang ramai persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sedangkan dihari-hari biasa kebanyakan warga yang datang itu ngurus KTP dan KK. "Paling banyak yang mengurus KTP dan KK," katanya.
Lain dari itu, banyak juga warga yang selalu komplen dengan KTP elektronik yang tidak selesai-selesai. Bahkan ada yang sampai diatas dua tahun. Sementara, pemerintahan desa tidak bisa menjawab banyak terkait komplen yang disampaikan oleh warga. "Kami tidak bisa jawab apa-apa. Paling kami sarankan untuk tanya ke Disdukcatpil. Karena blankonya (KTP-el) selalu kehabisan," ujarnya.
Sementara warga tidak pernah tahu-menahu soal kehabisan blanko atau kendala lainnya. Yang menjadi korban adalah para perangkat desa. Bahkan Kades juga sering dikomplen. "Paling banyak yang komplain soal KTP elektronik. Mereka tidak mau pakai KTP yang gede," ujarnya.
Untuk jumlah penduduk sendiri, di Desa Purwasari hampir lebih banyak warga pendatang jika dibandingkan warga pribumi. Karena ada sekitar delapan perumahan yang sudah berpenghuni dan satu perumahan yang masih proses pembangunan. Delapan perumahan itu adalah perumahan Pagadungan Indah, Gria Panorama, Purwasari Permai, Purwasari Regemcy, Puri Lili, Amelia, Lili Asri dan yang sedang dibangun Purwasari Indah.
Oleh karenanya Desa Purwasari termasuk kategori penduduk yang heterogen, berbagai suku adat dan bahasa juga ada. Sehingga setiap harinya selalu banyak yang ngurus-ngurus administrasi kependudukan. "Jumlah penduduknya lebih dari 17 ribu, hak pilihnya 14 ribuan. Ini tergolong cukup tinggi," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template