Pupuk Kujang Kembangkan Limbah Tebu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pupuk Kujang Kembangkan Limbah Tebu

Pupuk Kujang Kembangkan Limbah Tebu

Written By Mang Raka on Selasa, 13 Juni 2017 | 13.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Kekayaan alam Indonesia sangat luar biasa. Jangankan hasil alam yang sudah terlihat manfaatnya. Limbah dari bahak baku yang sudah tidak terpakai saja masih bisa dimanfaatkan.
Baru-baru ini PT Pupuk Kujang dan PT Perkebunan Nusantara bekerjasama melakukan penelitian dan pengembangan pupuk organik berbasis limbah tebu.
Dirut PT Pupuk Kujang Nugraha Budi Eka Irianto mengatakan, departemen riset PT Pupuk Kujang mampu mengembangkan limbah tebu yang dihasilkan oleh PT Perkebunan Nusantara, sehingga memiliki nilai ekonomis. Dengan diversifikasi produk dari limbah tebu (Blotong) menjadi produk pupuk hayati, dapat meningkatkan produktifitas tanaman tebu di perkebunan. "Bentuk kerjasama yang akan dilaksanakan meliputi riset dan uji aplikasi pupuk yang dihasilkan dari blotong, diformulasikan dengan pupuk anoragnik Kujang," katanya kepada Radar Karawang.
Dia berharap, kerjasama tersebut bisa memberikan manfaat dan dampak positif bagi kemajuan usaha kedua belah pihak. "Semoga bisa memberikan manfaat buat semuanya," katanya.
Sementara Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara Cholidi menyampaikan, eksplorasi yang terus menerus terhadap lahan pertanian, menyebabkan ketidakseimbangan unsur hara dalam tanah yang dibutuhkan oleh berbagai komoditi tanaman pertanian dan perkebunan. Sebagian besar masyarakat melengkapinya dengan menggunakan pupuk buatan berbasis kimia, dengan berbagai alasan termasuk dianataranya praktis dan ekonomis. " Beberapa penelitian menunjukan manfaat dari limbah tersebut, untuk digunakan sebagai pupuk," ucapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template