Petani Ikut Urunan Dirikan Masjid Al Jihad - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Ikut Urunan Dirikan Masjid Al Jihad

Petani Ikut Urunan Dirikan Masjid Al Jihad

Written By Mang Raka on Kamis, 08 Juni 2017 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Semangat gotong royong masyarakat zaman dulu sudah tidak bisa diragukan lagi. Bayangkan, untuk membangun masjid milik pemerintah daerah, para petani di Kabupaten Karawang urunan.
Dalam satu hektare, para petani menyumbang satu gendeng, artinya hasil panen dalam 1500 meter persegi disumbangkan untuk pembangunan masjid yang kita kenal bernama Masjid Al Jihad.
Masjid yang berada di komplek Islamic Center itu, tepat di depan Lapang Karangpawitan, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Karawang Barat, dibangun pada era Bupati Husni Hamid, sekitar tahun 1970-an.
Ketua 2 Bidang Imarah Masjid Al Jihad Sunadi H.S menyampaikan, dirinya tidak mengetahui betul nilai sejarah Masjid Al-Jihad. Namun setahunya, pada tahun 1980an masjid tersebut telah berdiri kokoh dengan dua lantai. "Saya bukan pribumi Karawang, setahu saya masjid ini berada pada masa pemerintahan Bupati Karawang Husni Hamid. Karena masjid ini merupakan masjid pemerintahan daerah pada masa itu," tuturnya kepada Radar Karawang, Rabu (7/6) kemarin.
Ia mengatakan, masjid yang memang milik pemerintahan daerah itu, pengelolaannya kini diserahkan pada masyarakat, langsung di bawah pengawasan Kemenag, Islamic Center, dan Dewan Masjid Indonesia. "Masjid ini awalnya setahu saya mula pembangunannya didanai oleh masyarakat, dengan istilah tardeng yaitu pemilik sawah wajib mengeluarkan satu gedeng untuk diberikan ke masjid buat dana pembangunan," tuturnya.
Ia juga mengatakan, Masjid Al Jihad tidak henti-hentinya menyiarkan Islam setiap bulan atau tahunan. Seperti saat ini bulan Ramadan, masjid ini tidak pernah sepi dalam kegiatan. Diantaranya kajian duha yang dilakukan tiga kali dalam satu bulan, kajian kesehatan masyarakat yang dilakukan bersama rumah sakit yang peduli, sampai berbuka puasa bersama. Dan acara TV swasta bertajuk Kampung Ramadhan. "Di akhir kita buka juga zakat fitrah, serta pemberian bingkisan ke khatib masjid Al Jihad," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template