Penumpang Wajib Turun Dalam Terminal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penumpang Wajib Turun Dalam Terminal

Penumpang Wajib Turun Dalam Terminal

Written By Mang Raka on Senin, 19 Juni 2017 | 12.30.00

*Dishub dan Polisi Akan Bersihkan Terminal Bayangan

KARAWANG, RAKA - Dinas Perhubungan (Dishub) bekerjasama dengan Polres Karawang akan menilang bis-bis yang masih terbukti menaikturunkan penumpang di luar terminal terminal di terminal-terminal bayangan.

"Nanti yang menertibkan itu pihak kepolisian yang di depan dan kita mendampingi. Seharusnya untuk menaikan dan menurunkan penumpang itu cuma ada di terminal saja," kata Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Karawang, Rohman kepada wartawan, Minggu (18/6). Dikatakannya, kebijakan itu ditempuh untuk memperlancar arus mudik Idul Fitri 1438 H.
Dinas Perhubungan (Dishub) sendiri sebelumnya telah mengingatkan pihak perusahaan otobus (PO) Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk tidak menaikturunkan penumpang di terminal bayangan. Menurut Rohman, surat imbauan terhadap perusahaan otobus (PO) sudah dikirimkan beberapa waktu lalu. "Kita sudah kirim surat himbauan kepada PO,  bahwa menaikan penumpang harus di terminal," ucapnya.
Selain itu, Rohman juga menghimbau masyarakat yang hendak menggunakan jasa bis AKAP untuk mudik agar tidak menaiki bis  di terminal-terminal bayangan itu. Sehingga masyarakat pun dapat membantu ketertiban lalulintas selama mudik. "Saya juga mengimbau  masyarakat  agar  naiknya di terminal. Jangan sampai bis berhenti dan buat macet. Masyarakat juga harus membantu ketertiban lalulintas," pintanya.
Sementara itu dari hasil pemantauan di lapangan, lebih dari 12 titik terminal bayangan di Jalur Arteri Karawang Barat hingga Cikampek masih beroperasi. Pihaknya juga menegaskan akan menindak pihak bus AKAP yang melayani penumpang di luar terminal utama. Bentuk tindakan itu bisa mulai dari peringatan, tilang, hingga pencabutan izin trayek. ”Sanksinya tilang, kalau sudah berkali-kali bisa dicabut trayeknya. Mereka kami minta untuk memanfaatkan terminal yang ada,” tegasnya.
Ditempat terpisah, Kasatlantas Polres Karawang AKP Rendi Setia Permana mengatakan, akan menindak tegas bis-bis yang menaikturunkan penumpang di sejumlah terminal bayangan tersebut. "Semua bis harus menurunkan penumpang di dalam terminal. Bagii bis bandel yang masih menurunkan penumpang di luar terminal kita akan tilang," ucapnya.
Selain itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi kepada petugas Satpol PP untuk menertibkan aksi parkir liar yang sudah memakan badan jalan termasuk pedagang kali lima (PKL). "Secepatnya kita berkoordinasi dengan Satpol PP untuk atasi PKL dan parkir liar. Parkir liar mengakibatkan penyempitan badan jalan sehingga amat berpotensi menyebabkan kemacetan," ungkapnya.
Terkait kondisi lalulintas yang semakin padat di sejumlah tempat perbelanjaan, pihaknya sudah menerjunkan personil untuk mengatur arus lalulintas. Namun, jumlah personil tersebut masih terbatas karena pengerahan personil PAM lebaran besok(hari ini) sudah digelar. "Besok personil pengamanan arus mudik sudah diterjunkan ke seluruh titik yang diduga rawan macet," terang rendy. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template