Pelatihan di BLK Belum Tingkatkan Kompetensi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelatihan di BLK Belum Tingkatkan Kompetensi

Pelatihan di BLK Belum Tingkatkan Kompetensi

Written By Mang Raka on Sabtu, 03 Juni 2017 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) belum bisa dijadikan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi para pesertanya. Sebagian besar dari mereka mengikuti pelatihan hanya sekadar untuk bisa disalurkan bekerja, apalagi saat ini BLK Karawang telah memiliki pelatihan berbasisi kompetensi yang langsung didanai oleh APBD dan APBN.

Kepala UPTD Balai latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi, Djoehari menyampaikan ada sekitar enam paket jurusan pelatihan berbasis kompetensi yang ada di balai latihan kerja yang menurutnya saat ini harusnya diikuti oleh para generasi muda Karawang terutama bagi yang tidak melanjutkan pendidikan agar mampuh meningkatkan sekil/Kemampuan. "Sekarang sedang berlangsung angkatan ke 3 yang didanai APBN jurusan manufaktur 2 paket, teknik listrik 1 paket, teknik otomotif 1 paket, garmen apparel 1 paket, dan teknik Informatika 1 paket," ujarnya kepada Radar Karawang, Jumat (2/6).
Ia menginginkan, balai latihan kerja agar dapat dimaksimalkan oleh para remaja produktif terutama bagi generasi muda yang belum mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke lebih tinggi dan belum memiliki kesempatan kerja. "Disini gak ada batasan usia, tidak sama sekali dipungut biaya bahkan dalam satu hari kita danai tranpot sebesar 15.000 dan kasih makan," tuturnya.
Ia mengatakan, diusia yang produktif sekitar 20 sampai 23 tahun, saat ini masih terus diburu para perusahaan. Namun hal itu diperlukan akan kemampuan serta keseriusan dalam bertugas untuk menjadikan salah satu dari yang terbaik agar bisa menadi seorang yang bekerja diperusahaan. "Saya akui saat ini peserta BLK mayoritas mencari kerjaan, namun tidak sedikit yang berwirausaha sukses seperti dibidang tatarias membuka salon, murid kita sudah ada yang berhasil," tuturnya.
Lebih lanjut dirinya hanya menginginkan memberikan apa yang menjadi kewajibannya sebagai warga negara Indonesa, dengan mempasilitasi generasi muda untuk belajar bukanlah hal yang mudah, namun semangat serta rasa percaya tinggi menjadikan dirinya yakin jika suatu saat nanti orang Karawang bisa dan mampuh bersaing. "Ikuti pelatihan balai latihan kerja (BLK) minimal punya ilmunya agar bisa diterapkan," ujarnya.
Fasilitas serta peralatan saat ini di Balai Latihan Kerja sudah cukup maksimal mulai dari asrama serta pasilitas lainnya cukup memadai agar mampu menjadik pelajar berkopeten. "Saat ini kita bisa mencapai 8 angkatan pertahun yang didanai APBD dan APBN mudah-mudahan diAPBD Perubahan bisa ditambah sehingga kuotanya bertambah," ucapnya.
Peserta Balai Latihan Kerja Karawang Yulianto (33) warga Cicaringin Kecamatan Lemahabang menyampaikan, enak dan seneng bisa mendapatkan ilmu serta pembelajaran materi serta praktek yang bisa langsung diserap oleh otak, selain mudah dipahami pembelajar serta pengalaman yang berkesan selama pelaksanaan BLK cukup menjadikan pengalaman berharga baginya setelah mengikutinya. "Pengennya setelah disini digarmen lagi, sekarang lagi mantapkan skill, hilangkan grngsi dan malu untuk menjadikan diri lebih baik lagi," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template