Pelajar Dilarang Bawa Motor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelajar Dilarang Bawa Motor

Pelajar Dilarang Bawa Motor

Written By ayah satria on Senin, 12 Juni 2017 | 16.03.00

KARAWANG, RAKA - Anak-anak sekolah saat ini sudah tidak diperbolehkan lagi membawa sepeda motor. Penyebabnya, tingginya angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan pelajar.
Data Unit Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) Polres Karawang menunjukkan, dari 553 kasus pada 2016, korban di kalangan pelajar menempati ututan kedua setelah pegawai swasta. Sebanyak 102 pelajar tercatat pernah terkapar di jalanan. Sedangkan korban dari kalangan pegawai swasta mencapai 204 orang.
Selanjutnya, dari Januari hingga Mei 2017, justru angka kecelakaan di kalangan pelajar menempati urutan pertama dibandingkan dengan karyawan swasta. Dari 174 peristiwa kecelakaan lalulintas, tercatat ada 30 pelajar yang menjadi korban. "Rata-rata, ada enam pelajar yang menjadi korban kecelakaan setiap bulan," terang Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi, Jumat (9/6).
Untuk mengurangi angka kecelakaan lalulintas khususnya yang melibatkan pelajar, pihaknya telah menyurati Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) agar para pelajar mulai dari tingkat SD, SMP hingga SLTA tidak lagi menggunakan sepeda motor ke sekolah.
"Kami berharap orang tua menjaga anaknya dengan baik. Jika belum punya SIM, jangan diizinkan mengendarai kendaraan bermotor," tandas kapolres.
Surat bernomor B/39/VI/2017/Lantas tersebut ditandatangani Kasatlantas AKP Rendy Setya Permana yang ditembuskan kepada Bupati Karawang hingga Kapolda Jabar.
Hal tersebut kata Ade, dimaksudkan agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga mengintruksikan larangan tersebut ke seluruh sekolah yang ada di Karawang. "Kami harap dinas terkait melarang para pelajar membawa kendaraan pribadi ke sekolah, kecuali yang punya SIM," tegasnya.
Ade tak menampik jika pagi dan siang hari masih banyak ditemukan pelajar yang mengendarai motor ke sekolah. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang belum memiliki SIM. Selain itu sambungnya, pengemudi motor di Karawang sangat tidak tertib. "Banyak pengendara motor yang melawan arus dan tidak pakai helm. Di sini banyak orang yang dibonceng tidak memakai helm," pungkasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template