Mi Korea Ditemukan di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Mi Korea Ditemukan di Karawang

Mi Korea Ditemukan di Karawang

Written By Mang Raka on Kamis, 22 Juni 2017 | 12.00.00

-Dicurigai Mengandung Babi

KARAWANG, RAKA - Mi instan asal Korea yang saat ini sedang marak dibicarakan ditemukan di Kabupaten Karawang, setelah Tim Satuan Tugas (Satgas) Khusus Pangan Kabupaten Karawang kembali menggelar inspeksi mendadak di sejumlah pasar modern, dan gudang salah satu minimarket, Rabu (21/6) kemarin.
Kepala Dinas Pangan Kabupaten Karawang Ir Kadarisman mengatakan, dari beberapa pasar modern dan gudang yang didatangi tim Satgas Pangan, pihaknya tidak menemukan apa yang dicantumkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Namun ditemukan merk yang sama tetapi nomor surat izin edar yang berbeda, kemudian barang tersebut diamankan beberapa bungkus untuk sampel. "Untuk produk mie yang dilarang BPOM yaitu Samyang (BPOM RI ML 231509497014), Nongshim (BPOM RI ML 23150905214), Sampyang (BPOM RI ML 23509448014), dan Ottogi (231509284014) karena mengandung babi," kata Khadarisman kepada wartawan di sela-sela sidak, Rabu (21/6) kemarin.
Dikatakannya, untuk mengetahui apakah mie asal Korea tersebut mengandung babi atau tidak, pihaknya akan segera membawa sampel tersebut untuk periksa di laboratorium Dinas Kesehatan Karawang. "Nanti hasil cek laboratorium akan kita sampaikan kepada pihak perusahaan," katanya.
Selain itu, pihaknya juga menemukan produk Sarden kemasan kaleng kecil yang nomor label BPOM-nya terdapat tempelan. Menurut peraturan tidak diperbolehkan dan menyalahi aturan yang ada. "Produk (Sarden) tersebut, sudah diamankan oleh pihak kepolisian dan akan dilakukan penyelidikan," terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Pasar (Disperindagsar) Widjodjo menuturkan, bila dalam produk yang sama, namun surat izin edar berbeda ada kandungan babi. Pihaknya akan menyuruh perusahaan tersebut melakukan penarikan barang itu di pasaran. "Kami akan menyarankan ke perusahaan untuk menarik produk tersebut, bila mie itu mengandung babi. Namun kita nunggu hasil uji lab dulu," jelasnya.
Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Maradona A Mapaseng saat ditemui Radar Karawang di kantornya mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan dan pendalaman terhadap produk asal Korea, dan lebel BPOM yang ditempel pakai selotip tersebut . "Yang pasti kita akan memintai keterangan dari pihak penjual, dan BPOM sembari menunggu hasil uji laboratorium. Termasuk untuk mengetahui tempelan tersebut untuk penebalan atau untuk mengkaburkan datanya," terang Maradona.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template