Masjid Pacing Kaum Pusat Gerakan Islam di Jatisari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masjid Pacing Kaum Pusat Gerakan Islam di Jatisari

Masjid Pacing Kaum Pusat Gerakan Islam di Jatisari

Written By Mang Raka on Senin, 05 Juni 2017 | 14.00.00

JATISARI, RAKA - Sejak dulu masjid merupakan sentral peradaban masyarakat muslim. Sampai saat ini setiap masjid masih tetap dipertahankan menjadi pusat kegiatan keagamaan. Seperti Masjid Jamie Al Huda yang berada di perbatasan antara Desa Pacing dan Desa Sukamekar, Kecamatan Jatisari, banyak diisi berbagai kegiatan keagamaan terutama pada bulan Ramadan.
"Masjid ini dibangun tahun 1955 oleh tokoh masyarakat setempat. Menjadi kebanggaan warga Desa Pacing dan Sukamekar, lebih dikenal dengan Masjid Pacing Kaum," ujar tokoh masyarakat Desa Pacing, Pupung Fudholi kepada Radar Karawang, Minggu (4/6).
Tokoh agama yang membidani langsung masjid ini adalah KH Mustofa Bisri, KH Abdul Majid, H Lukman Sjadili yang saat ini menjadi Ketua DKM. Karena kegiatan keagamaan diadakan di masjid, maka Masjid Al Huda bisa disebut sentral peradaban umat muslim di dua desa. Salah satunya saat menyambut bulan Ramadan, dilakukan berbagai kegiatan seperti festival rampak beduk dan kosidah, serta pawai 1.000 obor yang diprakarsai oleh pondok pesantren setempat dan Pemerintah Desa Pacing. "Kemudian jadi tempat pesantren kilat dan tadarus warga di bulan Ramadan ini," ujarnya.
Kepala Desa Pacing Wawan Zaelani menyampaikan, pemerintah desa harus hadir di tengah masyarakat, memberikan dorongan moril dan materil kepada masyarakat. Karena tidak mungkin pemerintah desa berjalan dengan baik, jika masyarakat terutama para tokohnya tidak dirangkul. "Dalam membangun masyarakat tentu butuh dukungan semua pihak. Kita tahu tokoh masyarakat memiliki peran penting dalam membangun sumber daya masyarakat," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template