Masjid Baeturrohim, Ditinggal Pedagang Tetap Ramai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masjid Baeturrohim, Ditinggal Pedagang Tetap Ramai

Masjid Baeturrohim, Ditinggal Pedagang Tetap Ramai

Written By Mang Raka on Kamis, 15 Juni 2017 | 14.00.00

PLERED, RAKA - Berdiri sejak puluhan tahun silam, Masjid Baeturrohim menjadi pusat ibadah umat Islam di Kecamatan Plered. Masjid dengan daya tampung lebih dari 1500 jemaah ini, sempat mendapat peremajaan total tahun 1986. Hingga sampai saat ini masih terlihat megah.
"Masjid ini Alhamdulillah tiap hari ramai dipenuhi masyarakat untuk beribadah, karena berada di tengah kota Plered," ujar Ketua DKM Masjid Baeturohim KH Muhidin Murtado kepada Radar Karawang di halaman masjid, Rabu (14/6) kemarin.
Meski tidak mengetahui secara mendalam awal mula berdirinya, namun bagi Ado begitu dia disapa, masjid tersebut dari dulu hingga saat ini selalu ramai terlebih di bulan puasa. "Tiap tahun masjid ini banyak kegiatan seperti pesantren Ramadan. Tak kurang dari 1000 pelajar mengikuti kegiatan pesantren kilat disini, yang digarap oleh Ikatan Remaja Baeturrohim (Irmaba)," katanya
Ketua DKM melanjutkan, saat muazin mengumandangkan azan, tak kurang dari 100 hingga 300 orang salat berjamaah di masjid yang biasa warga Plered menyebut dengan Masjid Kaum ini. "Apalagi dulu saat masih ada pasar Plered. Untuk agenda sendiri tiap satu bulan sekali ada pengajian, dan yang datang bukan hanya warga Plered saja, tetapi dari luar kecamatan juga memenuhi masjid ini," ujarnya.
Dulunya, saat Pasar Plered masih aktif sebelum pedagang pindah ke Pasar Citeko, halaman masjid ini sering digunakan sebagian masyarakat untuk bertransaksi jual beli sembako. Tak heran saat berkumandang azan, tak kurang dari 200 hingga 300 orang menunaikan ibadah di masjid tersebut.
"Masjid ini memang jadi pusat peribadahan masyarakat. Bukan hanya dari Plered tetapi banyak di luar kecamatan," pungkasnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template