Masjid Al Ihwan, Simbol Persatuan Warga Karajan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masjid Al Ihwan, Simbol Persatuan Warga Karajan

Masjid Al Ihwan, Simbol Persatuan Warga Karajan

Written By Mang Raka on Rabu, 07 Juni 2017 | 12.00.00

KOTABARU, RAKA - Berawal dari lahan sebuah pabrik kerupuk sampai menjadi musola, hingga menjadi sebuah masjid kebanggan dan bersejarah bagi masyarakat di Dusun Karajan, Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru. Masjid itu kemudian dinamakan Al Ihwan.
Masjid Al Ihwan yang berdiri sejak tahun 1986, ternyata memiliki sejarah bagi masyarakat setempat. Nama Ihwan yang artinya saudara ataupun kekeluargaan, diambil sebagai nama masjid sebagai simbol umat Islam merupakan keluarga. Maka tak heran jika masjid yang memiliki luas lahan sekitar 800 meter, itu menjadi pusat peribadahan satu-satunya di masa dulu. "Memang sudah lama banget dan kisah yang paling akan bersejarah, adalah dimana semua warga disini dulu memikirkan bagimana caranya untuk bisa bersatu, bersama secara kekeluargaan," ucap Ketua DKM Mesjid Al Ihwan Kartono Holis kepada Radar Karawang, kemarin.
Keberadaan Masjid Al Ihwan menjadi salah satu simbol atau tempat umat Islam beribadah, khususnya warga Muhammadiyah dalam menjalin kebersamaan. "Bisa dikatakan sejarah masyarakat Karajan berawal disini," ungkapnya.
Bahkan tidak lama setelah berdiri masjid yang memiliki menara sebagai tanda persatuan itu, dibangun SMP Muhammadiyah Cikampek yang sekarang sudah berpindah lokasi ke Jalan Raya Parakan No 71. "Dulu juga kita bangun pendidikan, agar bisa menjadi sebuah kampung yang maju. Karena dengan pendidikan itu akan merubah semua orang," akunya.
Tidak cukup disitu, dibangunnya Masjid Al Ihwan membuat kegiatan keagamaan semarak. Seperti pengajian ibu-ibu bahkan anak muda, menjadi warna di setiap waktunya. "Sekarang hanya digunakan sebagai tempat ibadah solat. Dan kalau bulan puasa hanya tarawih saja dan tadarus," terangnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template