Lima Partai Bicarakan Koalisi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lima Partai Bicarakan Koalisi

Lima Partai Bicarakan Koalisi

Written By Mang Raka on Kamis, 22 Juni 2017 | 12.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Kabar bakal ada koalisi gemuk jelang Pilkada Purwakarta 2018, nampaknya sudah semakin jelas. Hal itu dibuktikan dari beberapa pentolan PPP, PKB, Demokrat dan Nasdem terlihat mendatangi kantor DPD PAN Purwakarta di Jalan Kusumaatmadja, Selasa (20/6) malam.
Para inohong di kelima partai berbasis Islam itu, dengan balutan silaturahmi, membahas berbagai kemungkinan koalisi, bisa dibilang koalisi gemuk. Pasalnya, jika digabung, dari kelima partai tersebut terkumpul 19 kursi legislatif. Diketahui, partai PKB memiliki 5 kursi legislatif, PPP 4 kursi, Nasdem 4 kursi, Demokrat 3 kursi dan PAN 3 kursi. Maka kalkulasi politiknya lebih dari 40 persen suara legislatif. "Kalau jadi kan ini bisa dibilang koalisi gemuk atau mayoritas. Namun saat ini langkah-langkah baru pada sebatas silaturahmi dan komunikasi politik. Dalam politik, kita beranggapan bahwa silaturahmi adalah hal yang sangat penting," ujar Ketua DPC PPP Purwakarta, Budi Sopani Muplih.
Budi mengatakan, pada prinsipnya, semua berkeinginan jika Pilkada Purwakarta mendatang bisa menghasilkan pemimpin yang berkomitmen bukan saja terhadap partai, tapi berkomitmen pada rakyat, untuk Purwakarta lebih baik lagi. "Dan itu, cukup sulit diwujudkan, dengan bersilaturahmi seperti ini, mudah- mudahan hal itu bisa diwujudkan," tuturnya.
Menurut Budi, dengan silaturahmi lintas partai jelang pilkada, pihaknya mengajak secara bersama menanggalkan kepentingan dan ego individu ataupun partai. "Kita ingin melakukan introspeksi dan refleksi ketika dalam hingar bingar kontestasi pilkada justru malah diramaikan oleh personalisasi dari luar partai. Semestinya parpol bisa menjadi wadah kaderisasi pemimpin, hal ini jika diabaikan tentu akan mengganggu eksistensi dan integritas partai sebagai lembaga formal penghantar pemimpin," ujarnya.

Ia berharap besar dengan silaturahmi ini, mampu menciptakan kesepahaman dan kesepakatan tentang makna dan fungsi partai. "Secara fundamental, partai memiliki tujuan yang sama, yaitu baldatun toyyibun, warobbun gofur. Sehingga keistimewaan Purwakarta yang hari ini sudah terasakan akan tersempurnakan dengan keridhoan dan keberkahan dari Allah SWT," kata Kang Budi.
Dari pantauan, tampak Ketua DPD PAN Purwakarta, Agus Sundana dan jajaran menyambut kedatangan rombongan yang terdiri dari Ketua Demokrat, Toto Purwanto Sandy yang didampingi Sekjen Nanang Purnama, Ketua PPP Budi Sopani Muplih, Bapilu Nasdem Bah Apud dan rombongan. Hadir pula Ketua Desk Pilkada PKB, Hidayat didampingi Sekretaris Desk Pilkada, Asep Saeful Milah. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template