Kuota Non Akadenik SMA Tempuran Terpenuhi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kuota Non Akadenik SMA Tempuran Terpenuhi

Kuota Non Akadenik SMA Tempuran Terpenuhi

Written By Mang Raka on Rabu, 14 Juni 2017 | 13.30.00

TEMPURAN, RAKA - Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Tempuran belum mendapatkan 40 persen calon siswa melalui jalur non akademik sepekan terakhir. Dari total 324 siswa untuk 9 Rombongan Belajar (Rombel), SMA di dekat Kantor Desa Pagadungan ini sudah menerima 130 siswa ditahapan kriteria awal ini.

Panitia Administrasi PPDB SMAN 1 Tempuran, Didin Suhandi S.pd mengatakan, meskipun sistem PPDB kacau lantaran sistem yang tidak berjalan, namun SMAN 1 Tempuran secara manual sudah menerima 40 persen dijalur non akademik, yaitu calon siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi dan afirmasi. Sehingga, kesempurnaan kuota yang tidak kurang dan tidak lebih ini, tidak mengharuskan SMAN 1 Tempuran ini menyeleksi ulang grade siswa. Sebab, jika kurang dari 40 persen, harus koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Balai seperti apa kelanjutannya, sementara jika lebih dari 40 persen, harus digelar seleksi setelah terverifikasi. "Kita di non akademik terpenuhi sempurna 40 persen dari yang dibutuhkan, jadi gak repot seleksi lagi," ungkapnya.
Didin menambahkan, setelah non akademik, nanti dibuka jalur Akademik sebanyak 60 persen, diharapkan total 324 siswa terisis semua di 9 rombel yang dibutuhkan, sejauh ini pihaknya usahakan pihak sekolah input manual meskipun menambah pekerjaan. Karena, selama verifikasi ini, syarat-syarat masuk diakuinya cukup banyak, utamanya dijalur non akademik dan siswa kurang mampu. Karenanya, pihak panitia selalu stand by menjadi verifikator untuk validasi dokumen dari para siswa/i calon siswa. "Menambah pekerjaan jelas, karena manual, sebab banyak sistem jaringan yang sebelumnya terganggu," ujarnya.
Ketua panitia PPDB SMAN 1 Tempuran, Syahrudin S.pd mengatakan, sejumlah kendala tak luput mewarnai proses PPDB yang dirasakan mungkin hampir semua SMA di Karawang. Sebut saja dokumen yang di input calon siswa ke jaringan seperti KK, KTP Orangtua, Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) dan lainnya sulit dimunculkan, sehingga ini berdampak tidak bisanya mencetak bukti pendaftaran calon siswa. Tidak cukup sampai disitu, akibat jaringan eror, walaupun data masuk website, tetapi tidak bisa memverifikasi, bahkan memverifikasi admin saja sulit terakses. Kondisi semua ini, menjadikan PpdB selama 3 hari terakhir di manualkan. Semoga saja, jaringan yang banyak kendala ini bisa teratasi dikemudian hari, utamanya untuk saringan masuk di jalur akademik berikutnya. "Banyak kendala mah, semoga ada perbaikan jaringan lebih baik. Sebab, kebanyakan kemarin ya manual saja prosesnya," pungkasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template