Kucing dan Kera Divaksin Rabies - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kucing dan Kera Divaksin Rabies

Kucing dan Kera Divaksin Rabies

Written By ayah satria on Senin, 12 Juni 2017 | 15.44.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Ancamam penyakit rabies terhadap kucing, anjing dan kera memaksa Bidang Pengawasan Hewan Dinas Pertanian Pemkab Karawang terjun langsung ke desa-desa melakukan penyuntikan. Selain penyakit tersebut dinas ini juga melakukan penyuntikan kepada hewan ternak seperti domba dan sapi.
Kegiatan yang dikalukan Bagaian Pengawasan Hewan Dinas Pertanian ini dilakukan Minggu (11/6). Puluhan hewan ternak dikumpulkan dan diberi vaksin agar aman dari ancaman penyakit seperti patogen, bakteri dan virus. Tidak sampai disitu petugas juga melakukan dor to dor ke rumah-rumah warga yang memiliki hewan peliharaan sebelum melakukan penyuntikan vaksin.
Vaksinasi yang dilakukan Dinas Pertanian itu merupakan program Kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Bidang Peternakan setiap tahun secara rutin dilakukan dan harapan nya hewan ternak bisa terbebas dari rabies dan penyakit hewan lainnya. Pelaksanaan penyuntikan vaksin rabies dikhususkan kepada hewan, Kucing, Anjing dan Kera. Pelaksanaan pun sekaligus penyemprotan desinfektan secara gratis ke setiap kandang-kandang hewan yang dipelihara warga.
Vaksinasi atau imunisasi pada hewan, penting mengingat selain untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit, juga mencegah serangan berbagai penyakit hewan seperti Patogen, bakteri dan Virus. "Tubuh manusia maupun ternak mempunyai kemampuan untuk melawan hampir semua jenis organisme atau toksin yang cenderung merusak jaringan dan organ tubuh. Kemampuan itu disebut imunitas. Dari sebagian besar imunitas merupakan imunitas didapat yang tidak timbul sampai tubuh pertama kali diserang oleh bakteri yang menang menyebabkan penyakit atau toksin, seringkali memerlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk membentuknya," terang petugas vaksinasi Gugum Misbahudin. Amd.
Penyuntikan vaksin itu sendiri disambut antusias warga. Begitu tahu ada petugas datang, satu per satu warga membawa hewan peliharaan mereka untuk divaksin. Setelah anjing disuntik atau mendapat pelayanan, pemiliknya pun langsung dimintakan data hewan peliharaannya dan diberi tanda. Vaksinasi dilakukan dengan sistem jemput bola, dengan mendatangi rumah warga yang punya hewan peliharaan.
Hal senada dikatakan Jupri (39) warga setempat. Dia bersyukur pemerintah mengadakan program vaksin untuk hewan peliharaan. Warga juga berharap hewan peliharaannya tidak mudah terkena virus rabies. “Kami senang dan bersyukur dengan adanya program pemerintah seperti ini. Kalau ke dokter kan biayanya cukup mahal, kalau ini gratis,” ujarnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template