Konsorsium Perumahan Akan Bangun Lingkar Barat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Konsorsium Perumahan Akan Bangun Lingkar Barat

Konsorsium Perumahan Akan Bangun Lingkar Barat

Written By Mang Raka on Selasa, 13 Juni 2017 | 15.30.00

KLARI, RAKA - Kemacetan dibeberapa titik di ruas jalan Cikampek - Klari menuai protes berbagai kalangan. Untuk mengantisipasi itu tujuh pengembang perumahan (Konsorsium perumahan) sepakat membangun jalan sepanjang Blendung hingga Pancawati, Kecamatan Klari.

Camat Klari, M Rachmat, mengatakan itu kepada Radar Karawang, Senin (12/6). Menurut camat rapat rencana pembangunan jalan itu sudah lama dan dirinya sendiri saat ini tinggal menunggu tindak lanjutnya. Konsorsium pengembang itu tiga diantaranya PT Arteo, PT Harika dan Perum D'Keraton. Pengembang tersebut akan membuka akses jalan baru mulai dari Blendung, sampai Pancawati. Kemudian dari Pancawati akan dibuatkan flyover menyeberangi jalan utama.
Lebar jalannya direncanakan 25 meter dengan demikian akan ada penyatuan jalan perumahan untuk membuat jalan tersebut. Contoh kasusnya adalah perumahan Perumnas, Galuh Mas, Peruri. "Kalau jalan ini dibuka maka bisa mengurai padatnya kendaraan. Jadi bisa mengurangi kemacetan," ujarnya.
Bahkan, tambah Rachmat, ketua konsorsiumnya sudah ditetapkan, yaitu salah satu dari tujuh pengembang tersebut. Meski demikian semua keputusan tergantung pemerintah daerah, terutama di Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Coba silahkan konfirmasi ke Bappeda dan PUPR yang jelas kami sangat mendukung," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, setelah di Pancawati ada opsi dibuatkan flyover dan kembali menyatu dijalur utama yang sudah ada. Tetapi ada juga opsi untuk diteruskan sampai ke jalan tol. "Perlu anggaran besar apalagi nanti akan ada kawasan permukiman warga yang tergusur," ujarnya.
Sementara Kabid Tata ruang Dinas PUPR Asep Hazar menyampaikan, PUPR memiliki program jangka panjang untuk merubah perwajahan Karawang terutama diperkotaan. Diantaranya akan dibukanya akses jalan-jalan baru untuk mengikuti perkembangan volume kendaraan yang terus bertambah di karawang. "Akan ada Lingkar Barat. Kalau Lingkar Utara yang sekarang disebut Jalan Baru. Terus ada Lingkar Timur yang meliputi Klari," bebernya.
Khusus untuk jalan Lingkar Timur, dibentuk konsorsium yang terdiri dari tujuh pengembang perumahan. Karena diwilayah itu terdapat banyak perumahan yang bisa disatukan untuk bisa membuka akses baru. Bahkan direncanakan setelah adanya jalan baru dilingkar timur, direncanakan akan ada flyover yang terus membentang dari daerah Pancawati sampai jalan tol KM 60. Dengan demikian bisa dibuka gerbang tol baru. Bahkan direncanakan flyover tersebut juga melintasi tol bisa sampai ke daerah Ciampel. Karena rencananya di daerah Ciampel itu akan dibangun bandar udara (bandara). "Ini bisa memakan waktu selama 30 tahun kedepan. tapi khusus untuk akses lingkar timur, kami intens melakukan komunikais dengan konsorsium," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template