Kejaksaan Kantongi Tersangka Turap Jalupang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kejaksaan Kantongi Tersangka Turap Jalupang

Kejaksaan Kantongi Tersangka Turap Jalupang

Written By Mang Raka on Jumat, 02 Juni 2017 | 17.42.00

KARAWANG, RAKA - Oknum yang bermain dalam proyek pembangunan turap Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Jalupang di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, siap-siap disikat Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang. Pasalnya, kejaksaan sudah mengantongi nama orang yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi yang merugikan negara Rp 200 juta tersebut.
Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Karawang Sabrul Iman MH mengatakan, pihaknya sudah selesai melakukan pemberkasan dengan saksi tindak pidana khusus. Meski begitu, pihaknya akan terlebih dulu berkordinasi dengan Inspektorat dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Karawang, sesuai dengan Undang Undang Administrasi Pemerintahan. "Kalau ditanya siapa (tersangkanya) ya ada. Sekarang bulan puasa jangan ngomongin siapa pelakunya kasian, yang pasti sudah ada tinggal ditunggu gelar perkaranya saja supaya jelas," ujar Sabrul kepada Radar Karawang.
Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Sukardi mengatakan, status perkara dinaikan setelah tim penyidik menemukan perbuatan melawan hukum dalam kegiatan pembangunan turap sepanjang 600 meter tersebut. Sebab, berdasarkan pemeriksaan tim teknis, ditemukan konstruksi pembangunan tidak sesuai dengan spesifikasi yang sudah direncanakan sebelumnya. Dari pembangunan turap ini, penyidik memperkirakan terjadi kerugian negara sekitar Rp 200 juta. "Perbuatan melawan hukum sudah kita temukan, makanya kasus ini akan kita naikkan menjadi penyidikan. Taksiran kerugian sementara mencapai Rp 200 juta, namun untuk lebih detailnya nanti ada tim audit yang akan menilai," terang Sukardi
Selama proses pemeriksaan, kata Sukardi, penyidik kejaksaan sudah meminta keterangan sebanyak 12 orang, terdiri dari unsur pejabat di lingkungan Pemkab Karawang, pelaksana kegiatan hingga pihak ketiga yang memenangkan proyek pengerjaan turap tersebut. "Semua yang terkait dengan pembangunan turap ini sudah kita minta keterangan untuk menjadi saksi. Jika dalam pemeriksaan lanjutan bisa saja kita meminta keterangan lagi, dari beberapa orang sebagai tambahan," katanya.
Dugaan kasus korupsi pembangunan turap Jalupang ini, jelas Sukardi, merupakan temuan dari tim kejaksaan. Pihak kejaksaan menemukan keganjilan dalam pembangunan turap tersebut, hingga menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Pihak ketiga yang mengerjakan proyek tersebut merupakan kontraktor besar asal Karawang. "Saya belum bisa menyebutkan siapa pihak ketiga yang mengerjakan proyek ini. Nanti saja setelah statusnya sudah dik (penyidikan) akan kita buka siapa orangnya. Pada tingkat penyidikan nanti akan ada pemeriksaan lanjutan lagi, termasuk meminta keterangan dari pihak-pihak yang terkait dengan pembangunan turap ini," pungkasnya.(apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template