JPO Ahmad Yani Bisa Mubazir Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » JPO Ahmad Yani Bisa Mubazir Lagi

JPO Ahmad Yani Bisa Mubazir Lagi

Written By ayah satria on Senin, 12 Juni 2017 | 16.06.00

KARAWANG, RAKA - Dua pelajar berseragam Sekolah Menengah Pertama (SMP) seperti akan ditabrak mobil disampingnya ketika menyeberang di Jalan Ahmad Yani. Padahal pelajar itu bisa saja menyeberang dengan aman jika menggunakan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada didepannya.
Peristiwa yang terjadi Jumat (9/6) itu akibat belum tumbuhnya kesadaran masyarakat dan pelajar untuk menggunakan jembatan penyeberangan orang di Jalan Bypass Ahmad Yani. Padahal jembatan dibuat untuk menimalkan tingginya angka kecelakaan lalulintas dikalangan pelajar disamping mengular kemacetan yang terjadi di ruas jalan tersebut.
Sementara mengacu kondisi lalulintasnya Jalan Bypass Ahmad Yani merupakan jalur cepat rawan kecelakaan. Potensi kecelakaan memang tinggi jika mengukur lebar badan jalan yang mencapai sekitar 12 meter. Keadaan itu diperburuk dengan kebiasaan pengendara motor dan mobil yang mengendarai kendaraannya dengan kecepatan tinggi. "Sebetunya takut sih menyeberangi jalan ini (Jalan Bypass Ahmad Yani). Motor dan mobilnya suka ngebut kalau melintas," ungkap Nunung (13) pelajar SMPN 5 Karawang.
Nunung sendiri sebetulnya mengapresiasi adanya jembatan penyeberangan yang ada saat ini, namun sangat disayangkan jika hal itu tidak menjadikan hal yang baik untuk saat ini bagi para pelajar yang melintas. Mereka, kata Nunung lebih memilih menyeberang langsung tanpa JPO daripada harus jauh ke lokasi penyeberangan orang. "Jembatannya terlalu jauh, jadi daripada lama mending nyeberang langsung," ucapnya.
Masih dikatakan Nunung, sekalipun menyeberang tanpa JPO tinggi resiko kecelakaan tetapi Nunung memilih melakukan itu karena lebih cepat menyeberangnya. Kendati demikian Nunung memastikan, jika saja jembatan itu lebih dekat sedikit dengan sekolah akan banyak yang mempergunakan. "Kalau dibuatkannya tidak jauh pasti jembatan akan ramai dipergunakan," tuturnya.
Sementara itu petugas lalulintas Bripka Ricky Nugraha menyampaikan, saat ini pihaknya sudah bisa menjamin jika disekitaran Jalan By Pass Ahmad Yani sudah mulai aman dan tenteram. Pasalnya pihaknya sudah berkali-kali melakukan operasinal keterkaitan kemacetan dan peneguran terhadap para pengendara yang masih melakukan pelanggaran saat berkendara. "Kita Sering lakukan penertiban, jika ada angkutan umum yang dua lapis didepan SMAN 1 Karawang  kita sering tegor," tuturnya.
Ia juga mengatakan, tidak dipungkiri pengguna kendaraan saat ini banyak ditemukan para pelajar terutama saat menjelang sore hari yang dimana pengendara tersebut melakukan jalan-jalan atau ngabuburit saat bulan ramadan. "Laka untuk saat ini jarang, anak-anak sekolahpun kita sering tindak dalam operasi yang selalu kita lakukan," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template