Jamaah Haji Karawang Berangkat Mulai 30 Juli - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jamaah Haji Karawang Berangkat Mulai 30 Juli

Jamaah Haji Karawang Berangkat Mulai 30 Juli

Written By Mang Raka on Rabu, 14 Juni 2017 | 12.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Ada yang berbeda dalam manasik haji kali ini. Calon haji dari 6 kecamatan wilayah utara yakni Kecamatan Tirtajaya, Kecamatan Batujaya, Kecamatan Pakisjaya, Kecamatan Jayakerta, Kecamatan Rengasdengklok dan Kecamatan Cibuaya, mendapat pengarahan lanngsung dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karawang H Sopian di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang. Namun, manasik tersebut dinilai kurang kondusif, selain peralatan pengeras suara rusak, para jemaah juga harus berdesakan karena ruangan yang disediakan panitia terlalu kecil.
Sopian bahkan harus mengeluarkan tenaga ekstra agar suaranya bisa didengar oleh para calon jemaah haji. "Boro-boro ibu-ibu, saya juga sebagai pembicara merasa capek karena harus jojorowokan (berteriak). Tapi tidak menjadi halangan walaupun sedang berpuasa. Dan Insyaallah panitia besok akan memperbaikinya. Tidak masalah, itu hal teknis saja," katanya kepada Radar Karawang, Selasa (13/6) kemarin.
Ia melanjutkan, manasik kali ini sengaja digabungkan per kecamatan, untuk mengefektifkan dan mengefisienkan waktu dan tempat. Mengingat saat bulan puasa seperti ini, semua kegiatan manasik haji diharapkan bisa termonitoring dan terkontrol. "Kalau untuk 30 kecamatan langsung, mungkin tidak akan terkontrol dengan waktu yang sempit. Apalagi seperti sekarang ini menjelang lebaran," ujarnya.
Selain itu, kata Sopian, kegiatan manasik diharapkan menjadi ajang untuk menjalin silaturahmi antarjemaah haji, dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). "Pokoknya tidak ada perbedaan antara KBIH manapun, karena semuanya sama calon jemaah haji Kabupaten Karawang," terangnya.
Adapun jumlah calon jemaah haji di Kabupaten Karawang saat ini mencapai 2178 orang, dibagi menjadi 6 kloter yakni kloter 10, kloter 15, kloter 40, kloter 41, kloter 48, dan kloter 91. Sedangkan untuk keberangkatannya dimulai tanggal 30 Juli, 1 Agustus, 2 Agustus, dan terakhir 24 Agustus. Ia berharap kepada jemaah haji untuk meluruskan niat, menjaga kesehatan, bisa memperbaiki dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan, agar berangkat dan pulang haji dengan selamat. "Mudah-mudahan bisa menjalankan ibadah haji dengan sempurna, dan bisa menjadi haji yang mabrur," harapnya.
Di tempat yang sama, Sukardi (54) calon jemaah haji asal Desa Sumurlaban, Kecamatan Tirtajaya, mengatakan, jumlah jemaah haji dan sarana yang disiapkan oleh panitia dinilai kurang baik. Pasalnya, penjelasan pembicara tentang isi manasik haji tidak bisa didengar. Padahal, penuturan pembicara dirasa sangat penting untuk bekal dirinya beribadah di tanah suci. "Gimana mau kondusif, tempat sama jumlah jemaahnya tidak sesuai. Wajar saja banyak yang pada keluar. Selain itu penjelasan pembicara gak kedengeran sampai belakang, percuma di dalam juga," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template