Duh... Indahnya Ngabuburit di Waduk Cirata - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Duh... Indahnya Ngabuburit di Waduk Cirata

Duh... Indahnya Ngabuburit di Waduk Cirata

Written By Mang Raka on Sabtu, 17 Juni 2017 | 16.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Bagi masyarakat yang gemar berburu pesona keindahan alam matahari tenggelam atau yang sering disebut sunset, tidak harus jauh-jauh pergi ke laut atau pengunungan. Masyarakat hanya cukup datang ke kawasan Waduk Cirata. Di lokasi waduk yang terletak di perbatasan Purwakarta, Cianjur dan Bandung Barat itu, spot-spot hits untuk menikmati keindahan matahari tenggelam sangat sempurna. Apalagi di bulan puasa seperti sekarang, menikmati matahari tenggelam ini bisa sambil menunggu saat adzan Magrib atau ngabuburit.
Saat menyaksikan matahari tenggelam di tempat ini, maka hati akan teringat akan kekuasaan Tuhan, karena pemandangan di sekeliling waduk yang mulai ditinggalkan cahaya terang mata hari terasa sangat indah. "Apalagi saat diabadikan menggunakan kamera, hasilnya bak lukisan alam yang ada dalam pameran karya pelukis ternama," ujar Wida (32), salah seorang pengunjung yang datang ngabuburit ke kawasan Waduk Cirata, kemarin.
Menurut warga asal Kecamatan Plered ini, tidak banyak yang tahu jika fenomena sunset terlihat sempurna dan indah di kawasan waduk Cirata. Karena biasanya warga yang datang ke salah satu bendungan terbesar di Indonesia ini hanya datang siang hari, mereka hanya ingin menikmati keindahan alam dan kuliner ikan bakar plus nasi liwetnya saja. "Padahal, ada sisi unik lain di tempat ini, yakni fenomena sunsetnya," tutur ibu satu anak yang datang berbuka puasa di warung nasi liwet ikan bakar bersama suaminya ini.
Waduk Cirata sendiri, merupakan waduk yang memang tidak difungsikan sebagai kawasan objek wisata, seperti Waduk Jatiluhur. Namun demikian, keberadaan waduk ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Setiap libur akhir pekan tiba, pengunjung yang datang ke kawasan waduk Cirata tidak dapat dihitung dengan jari. Selain warga Purwakarta, Bandung Barat dan Cianjur, banyak mereka yang datang dari kota-kota besar yang ada di Pulau Jawa ini, diantaranya warga Jakarta dan Bekasi.
Diketahui, PLTA Cirata  merupakan pembangkit yang dioperasikan oleh anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero) yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) yang disalurkan melalui saluran transmisi tenaga listrik 500 kilovolt (KV) ke sistem Jawa-Bali yang diatur oleh dispatcher PLN Pusat Pengatur Beban (P3B). Dengan letak Sungai Citarum yang subur, bergunung-gunung dan dianugerahi curah hujan yang tinggi menjadi latar belakang didirikannya PLTA Cirata. Pembangunan proyek PLTA Cirata merupakan salah satu cara pemanfaatan potensi tenaga air di Sungai Citarum yang letaknya di wilayah Kabupaten Bandung, kurang lebih 60 km sebelah barat laut Kota Bandung atau 100 km dari Jakarta melalui jalan Purwakarta. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template